Ditanya Tentang Cicilan Apartemen Nayunda, SYL: Saya Pengayom Orang Bugis

Senin 24-06-2024,21:56 WIB
Reporter : Noor Arief Prasetyo
Editor : Noor Arief Prasetyo

HARIAN DISWAY – Masih tentang sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta. Mantan Menteri Pertanian (Mentan) yang merupakan terdakwa kasus gratifikasi dan pemerasan di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengungkapkan alasan membantu penyanyi dangdut Nayunda Nabila Nizrinah mencicil apartemen.

SYL menjelaskan bahwa dirinya membantu mencicil apartemen Nayunda satu kali karena saat itu ia hampir diusir dari apartemennya. Hal tersebut disampaikan SYL saat dirinya menjadi saksi mahkota untuk terdakwa mantan Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono dan mantan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan.

“Bantuan untuk perbaikan atau cicilan apartemen itu juga dari saksi dua kali ya?" kata Jaksa Pentuntut Umum (JPU) Meyer Simanjuntak di Pengadilan Tipikor  Jakarta, pada Senin, 24 Juni 2024.

“Sebenarnya cuma satu kali,” kata SYL.

BACA JUGA:SYL Mengaku Baru Tahu Pengumpulan Uang oleh Pejabat Eselon I Kementan

BACA JUGA:SYL Mohon Hakim Buka Blokir Rekening untuk Nafkahi Keluarga

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa dirinya merupakan tokoh orang tua dan pengayom orang Bugis sehingga SYL bersedia membantu Nayunda mencicil apartemen tersebut. “Saya sebagai tokoh Sulawesi Selatan. Saya sebagai orang tua, pengayomnya orang Bugis di sini,” tutur SYL.

“Itu waktu pada saat covid dia sudah mau diusir dari apartemennya. Saya niat baik saja. Empati saja. Oke, kalau cuma segitu nanti saya coba,” lanjutnya.

Lebih lanjut, SYL menjelaskan bahwa dirinya tidak memiliki niat apapun saat membayar cicilan apartemen Nayunda. Sebelumnya, Nayunda mengaku minta dibayari cicilan apartemen kepada SYL. Hal ini diungkapkannya pada sidang lanjutan kasus SYL pada Rabu, 29 Mei 2024.

Mulanya, hakim mencecar Nayunda terkait fasilitas apa saja yang didapatkan olehnya dari Kementerian Pertanian.

BACA JUGA:KPK Geledah Rumah Adik SYL

BACA JUGA:Ngaku Sesak Nafas di Rutan KPK, SYL Ingin Pindah Rutan

Nayunda mengaku tidak mendapatkan fasilitas dari Kementan, namun Nayunda mengatakan meminta kepada SYL untuk membayarkan cicilan apartemen miliknya. “Yang dari uang Kementerian ya, pertanian, gaji Saudara itu, apakah ada lagi Saudara terima fasilitas dari Kementerian Pertanian?” tanya hakim.

“Kalau fasilitas tidak ada, sih, Pak. Cuma saya pernah minta tolong langsung ke Pak Menteri untuk pembayaran cicilan apartemen, sih, Pak, saat itu,” kata Nayunda.

Nayunda pun mengatakan uang yang diberikan untuk cicilan apartemen itu dia dapatkan dari uang pribadi SYL bukan dari Kementan. (*)

Kategori :