Cara Mudah Mengendalikan Mobil Manual di Tanjakan dan Turunan

Sabtu 31-08-2024,00:46 WIB
Reporter : Elok Afida Nur Aini
Editor : Heti Palestina Yunani

Setiap mobil mungkin memiliki respons yang sedikit berbeda, jadi penting untuk mengenal karakteristik mobil Anda sendiri. Selain itu Anda juga perlu merasakan bagaimana menggunakan jenis mobil lain yang tidak biasa Anda dunakan. 

BACA JUGA: Menko Airlangga Kunjungi Fasilitas Teknologi Nikel CNGR di Tiongkok, Matangkan Rencana Pembangunan Pusat Riset Mineral Langka di UGM

Mengendalikan mobil manual di tanjakan dan turunan memang memerlukan keterampilan khusus, namun dengan latihan dan pemahaman yang baik, Anda bisa melakukannya dengan percaya diri.

Gunakan rem tangan, teknik setengah kopling, dan fitur Hill Start Assist untuk tanjakan, serta gigi rendah dan teknik pengereman bertahap untuk turunan. Intinya Anda harus sering latihan untuk menguji kesabaran.

Dengan praktik yang konsisten, Anda akan menjadi pengemudi yang lebih mahir dan siap menghadapi berbagai kondisi jalan. Pengetahuan ini penting karena tak hanya menyangkut keselamatan Anda tapi juga orang lain. (*)

Artikel ini ditulis oleh Elok Afida Nur Aini, mahasiswa Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, peserta Magang Reguler di Harian Disway.

Kategori :