Cara Mudah Mengendalikan Mobil Manual di Tanjakan dan Turunan

Cara Mudah Mengendalikan Mobil Manual di Tanjakan dan Turunan

Ada beberapa tip dan teknik yang dapat membantu Anda mengendalikan mobil manual di tanjakan dan turunan dengan mudah. --Pinterest

HARIAN DISWAY- Mengemudi mobil manual di tanjakan dan turunan bisa menjadi tantangan tersendiri. Terutama bagi pengemudi pemula. Bisa jadi hal ini akan membuat pengalaman mendebarkan karena belum terbiasa.

Keterampilan mengemudi mobil di dua kondisi itu ini memerlukan koordinasi yang baik antara kopling, gas, dan rem, serta pemahaman yang baik. Utamanya tentang bagaimana mobil bereaksi terhadap kondisi jalan yang berbeda.

Bagi pemula, sekali lagi, perlu diketahui dulu sebelum menemuinya. Agar sewaktu-waktu siap jika menghadapinya. Ada beberapa tip dan teknik yang dapat membantu Anda mengendalikan mobil manual di tanjakan dan turunan dengan mudah.

BACA JUGA: Wuling Kenalkan Mobil Listrik Terbaru Cloud EV di IIMS Surabaya 2024: Jarak Tempuh 460 Km, Bisa Charging di Rumah Ataupun di SPKLU

Mengendalikan Mobil di Tanjakan

1. Menggunakan Rem Tangan (Handbrake)

Saat berhenti di tanjakan, gunakanlah rem tangan untuk mencegah mobil mundur. Tarik kuat-kuat agar cengkeramannya sempurna. Setelah berhenti, kembali tarik rem tangannya lalu segera lepaskan pedal rem kaki.

Ketika Anda siap untuk melanjutkan, injak pedal kopling dan masukkan gigi satu. Kemudian, secara perlahan lepaskan rem tangan sambil menambah gas sedikit demi sedikit dan melepaskan kopling secara bertahap.

Teknik ini membantu Anda menghindari mundurnya mobil ketika mulai bergerak. Pastinya teknik ini tak selalu berhasil dalam pengalaman pertama Anda. Karena itu sebaiknya Anda latih dulu bersama orang lain yang lebih mahir dalam mengemudi.

BACA JUGA: Pusat Riset Teknologi dan Kampus Start-Up di IKN Dibuat Mirip Station-F Paris dan Newlab Amerika Serikat

2. Menggunakan Teknik Hill Start Assist

Beberapa mobil modern dilengkapi dengan fitur Hill Start Assist (HSA) yang membantu pengemudi saat memulai perjalanan di tanjakan. Biasanya HSA akan berkolaborasi dengan Traction Control System (TCS).

Fitur ini secara otomatis menahan rem selama beberapa detik setelah pedal rem dilepas sehingga memberikan waktu bagi pengemudi untuk memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas tanpa khawatir mobil mundur.

3. Menggunakan Teknik Setengah Kopling

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: