8 Kesalahan Umum Pemula saat Mengendarai Mobil Manual Berikut Cara Menghindarinya

8 Kesalahan Umum Pemula saat Mengendarai Mobil Manual Berikut Cara Menghindarinya

Ada tip menghindari kesalahan para pemula dalam mengendarai mobil guna meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri. --Pinterest

HARIAN DISWAY - Mengendarai mobil manual bisa menjadi tantangan tersendiri bagi pemula. dibandingkan dengan mengendarai mobil otomatis. Tapi meskipun begitu, ada kesalahan-kesalahan umum sering terjadi.

Hal itu bisa saja akan dialami oleh Anda yang hendak belajar mengendarai mobil. Dalam proses belajar, dissrankan memilih mobil manual ketimbang mobil otomatis. Dengan pemahaman yang tepat, kesalahan-kesalahan para pemula itu bisa dihindari kok.

1. Terlalu Cepat Melepas Kopling

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pemula adalah melepas kopling terlalu cepat saat memulai kendaraan. Ini sering mengakibatkan mesin mati mendadak atau mobil tersentak-sentak.

BACA JUGA: Cuaca Panas Bisa Kurangi Kemampuan Jarak Tempuh Baterai Mobil Listrik, Kok Bisa?

Untuk menghindari hal ini, lepaskan kopling secara perlahan sambil menambah tekanan pada pedal gas secara bertahap. Dengan latihan yang konsisten, Anda akan menemukan keseimbangan yang tepat antara kopling dan gas.

2. Menginjak Kopling Terlalu Lama

Menginjak kopling terlalu lama juga merupakan kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula. Ini bisa menyebabkan keausan pada kopling lebih cepat daripada biasanya.

Cara menghindarinya adalah dengan memastikan Anda hanya menginjak kopling saat benar-benar diperlukan, seperti saat mengganti gigi atau saat berhenti total. Begitu Anda selesai mengganti gigi, lepaskan kopling secara perlahan.

BACA JUGA: Kaget karena Klakson Mobil, Sapi Kurban Lompat ke Kali

3. Mengganti Gigi Tanpa Menurunkan Kecepatan

Yang ini kerap terjadi yakni pemula sering kali lupa untuk menurunkan kecepatan sebelum mengganti gigi. Ini dapat membuat mesin bekerja lebih keras dan bisa merusak transmisi.

Jadi, selalu pastikan untuk menyesuaikan kecepatan mobil dengan gigi yang sesuai. Ketika Anda merasa mesin mulai berputar terlalu cepat atau terlalu lambat, itu adalah tanda bahwa Anda harus mengganti gigi.

4. Lupa Mengganti ke Gigi Rendah Saat Berhenti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: