8 Kesalahan Umum Pemula saat Mengendarai Mobil Manual Berikut Cara Menghindarinya

8 Kesalahan Umum Pemula saat Mengendarai Mobil Manual Berikut Cara Menghindarinya

Ada tip menghindari kesalahan para pemula dalam mengendarai mobil guna meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri. --Pinterest

Sering kali pemula lupa untuk mengganti ke gigi netral atau gigi rendah saat berhenti di lampu merah atau di persimpangan. Hal ini bisa menyebabkan mobil tersentak atau bahkan mati mesin saat Anda mencoba berjalan kembali.

BACA JUGA: IIMS Surabaya 2024: Yuk, Intip Mobil Keluaran Terbaru Honda!

Ingatlah untuk selalu mengganti ke gigi netral saat berhenti dan kemudian mulai kembali dengan gigi satu. Satu hal ini harus diingat agar Anda juga terhindar dari risiko yang berbahaya karena menginjak gas. Jika gigi netral maka lebih aman.

5. Menggunakan Rem Tangan dengan Tidak Tepat

Kesalahan lain adalah menggunakan rem tangan dengan tidak tepat saat parkir di tanjakan atau turunan. Beberapa pemula lupa untuk mengaktifkan rem tangan atau tidak tahu cara menggunakannya dengan benar.

Pastikan Anda selalu menarik rem tangan saat parkir di tempat yang miring untuk mencegah mobil bergerak. Perhatikan betul tentang penggunaan rem tangan ini karena terkait juga dengan keselamatan Anda saat belajar mengendarainya.

BACA JUGA: Serbu Sekarang! Mami Louisse Live 60 Jam Lebih di Shopee, Geber Flash Sale Mobil dan Motor Hanya Rp 6 Ribu

6. Tidak Mendengarkan Suara Mesin

Pemula sering kali tidak terbiasa mendengarkan suara mesin sebagai indikator kapan harus mengganti gigi. Mesin yang berputar terlalu cepat atau terlalu lambat adalah tanda bahwa Anda perlu mengganti gigi.

Biasakan mendengarkan mesin dan perhatikan tachometer untuk membantu Anda menentukan waktu yang tepat untuk mengganti gigi. Pasang kepekaan Anda baik-baik terhadap suara mesin ini karena selamanya akan berguna jika Anda mengendarai kendaraan. 

7. Kurang Latihan

Kunci utama untuk menghindari kesalahan saat mengendarai mobil manual adalah latihan. Banyak pemula yang tidak meluangkan waktu yang cukup untuk berlatih sehingga mereka kurang percaya diri di jalan.

BACA JUGA: Wuling Rayakan Ulang Tahun Ke-7: Hadirkan Mobil Andal dari Segmen Mesin, Hybrid, Maupun EV

Cari waktu untuk berlatih di area yang aman dan sepi, seperti lapangan parkir kosong, untuk meningkatkan keterampilan Anda. Berlatih lebih sering juga membuat Anda punya kontrol yang baik jika menghadapi segala kemungkinan di jalan raya.

8. Tidak Menggunakan Teknik Rem Mesin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: