Sholawat Camp 2024 Sukses Digelar, Hadirkan Salawat Tradisional hingga Modern

Sabtu 06-07-2024,15:17 WIB
Reporter : Guruh Dimas Nugraha
Editor : Guruh Dimas Nugraha

MOJOKERTO, HARIAN DISWAY - Sholawat Camp yang diselenggarakan Majelis Ta'lim & Sholawat Hubbun Nabi, pada 1-2 Juli 2024 berhasil menarik perhatian berbagai kalangan.

Acara tersebut berlangsung di Wana Wisata Dam Londo, Trawas, Mojokerto. Bertajuk "Tentramkan Hati dengan Cinta Nabi Sang Teladan Budi Pekerti dengan Berbagi". Berbagai tenda didirikan. Juga panggung besar di tanah lapang Dam Londo.

Selama dua hari, para peserta mengikuti berbagai acara salawat yang digelar oleh beragam kelompok dari Jawa Timur. 

BACA JUGA:Cak Imin Lantukan Salawat Saat di JIS, Jubir: Makna Kuat Tidak Takut Oligarki

"Diikuti oleh banyak majelis dengan berbagai aliran berbeda. Kami jadi satu dalam semangat persaudaraan, meramaikan festival Sholawat Camp," ungkap H Muhammad Syamsul Wahyudi, ketua penyelenggara Sholawat Camp.

Di tengah alam yang asri dan cuaca yang cukup dingin, lantunan salawat menggema. Dilagukan dalam berbagai teknik dan gaya bermusik. Salah satunya musik Madura. 

KH D Zawawi Imron di atas panggung menjelaskan tentang sejarah salawat. Termasuk yang berkembang di kawasan Pulau Garam. 

BACA JUGA:Apresiasi Ulama untuk Polres Probolinggo, Gelar Dzikir dan Salawat Demi Pemilu 2024 Damai

"Ada berbagai macam salawat tradisional yang digunakan sebagai media dakwah. Tradisi itu yang tidak bisa kita lupakan. Harus kita lestarikan saat ini," ungkap penyair berjuluk Celurit Emas.

Selain KH Zawawi, terdapat berbagai kelompok salawat dan tokoh ulama nasional yang hadir. Seperti KH Ahmad Rofi'i, Nasir Al-Batati, dan lain-lain. Sebenarnya tokoh ulama KH Nuril Arifin Hussein juga dijadwalkan hadir.

Namun, karena kondisi kesehatan KH Nuril tidak memungkinkan, maka ia berhalangan datang. Terdapat berbagai kelompok salawat yang tampil. Seperti kelompok Sholawat Gandul Al-Muslimin (Sukoreno, Prigen), Sholawat Habsyi Majelis Sholawat Bronto (Lesbumi PCNU Mojokerto), Terbang Jidor (Mojokerto), dan lain-lain.


Sholawat Camp 2024 sukses digelar, hadirkan salawat tradisional hingga modern. Para tokoh ulama dan pengisi acara berfoto bersama dalam gelaran Sholawat Camp 2024.-Sholawat Camp 2024-

BACA JUGA:Hari Santri Nasional: Persiapan 1 Miliar Salawat Nariyah di Kota Pasuruan

Ada pula pagelaran wayang ruwat terbang, macapat dan berbagai kegiatan menarik lainnya. Dari acara itu pengunjung banyak mendapat wawasan tentang salawat. Mulai dari salawat kuno hingga modern.

Kategori :