Inggris vs Swiss 1-1 (5-3): Ke Semifinal, Trent Alexander-Arnold Hapus Kutukan Adu Penalti Three Lions

Minggu 07-07-2024,02:27 WIB
Reporter : Retna Christa
Editor : Retna Christa

HARIAN DISWAY - Inggris akhirnya berhasil melepaskan diri dari kutukan adu penalti. Berkali-kali mereka tersingkir dari turnamen mayor lewat babak tos-tosan. Kali ini, Inggris melangkah ke semifinal Euro 2024 lewat fase yang biasanya jadi momok itu.

Ya, Inggris mengalahkan Swiss di perempat final Euro 2024 lewat adu penalti pada Minggu, 7 Juli 2024 dini hari WIB. Babak itu harus ditempuh setelah selama 120 menit di merkur spiel arena, Dusseldorf, berakhir 1-1.

Swiss leading lebih dulu lewat gol Breel Embolo di menit ke-75. Three Lions (alias Tiga Singa, sebutan Inggris) berhasil menyamakan kedudukan lewat Bukayo Saka pada menit ke-80.

BACA JUGA:Live Streaming Inggris vs Swiss Perempat Final Euro 2024: Gareth Southgate Puji Permainan Rossocrociati

Dua babak extra time berlangsung boring, dan kedua tim tidak ada yang bisa mencetak gol. Sehingga adu penalti harus ditempuh.

Lima penendang Inggris, yakni Cole Palmer, Jude Bellingham, Bukayo Saka, Ivan Toney, dan Trent Alexander-Arnold berhasil menjalankan tugas. Sementara Swiss sudah gagal di penendang pertama, Manuel Akanji.


INGGRIS vs Swiss 1-1 (5-3): Ke semifinal, Trent Alexander-Arnold hapus kutukan adu penalti Three Lions.-Ina Fassbender -AFP

Jadi, meski tiga penendang berikutnya, Fabian Schar, Xherdan Shaqiri, dan Zeki Amdouni sukses, semua tidak berguna. Keberhasilan Trent Alexander-Arnold membuyarkan semua impian Swiss untuk mencapai semifinal pertama dalam sejarah sepak bola mereka.

BACA JUGA:Inggris vs Swiss: Ezri Konsa Siap Gantikan Marc Guehi Di Perempat Final

BACA JUGA:Inggris Girang! Jude Bellingham Boleh Main Lawan Swiss di Perempat Final Euro 2024

Hasil Latihan Intens

"Luar biasa, ini adalah tujuan yang kami tetapkan untuk diri kami sendiri," tutur Trent Alexander-Arnold kepada BBC One.

"Swiss adalah lawan yang sulit, dan kami sempat tertinggal. Tapi tim ini menunjukkan banyak karakter, keyakinan, hati, dan semangat yang luar biasa di lapangan," tuturnya riang.

Inggris memang sering tidak beruntung dalam adu penalti. Terutama di ajang Euro. Tiga tahun silam, pada Euro 2020, mereka kalah 3-4 oleh Italia di final. Ditarik ke belakang, pada perempat final Euro 2012, mereka kalah dengan skor 2-4 kepada lawan yang sama.

BACA JUGA:Swiss Tantang Inggris: Mampukah Kuda Hitam Menjinakkan Tiga Singa?

Kategori :