Berduka karena Kehilangan Orang yang Dicintai? Lakukan Konseling Grief

Jumat 09-08-2024,16:47 WIB
Reporter : Elok Afida Nur Aini
Editor : Guruh Dimas Nugraha

HARIAN DISWAY- Menghadapi duka dan kehilangan orang yang dicintai adalah salah satu pengalaman paling menantang dalam hidup.

Proses berduka bisa sangat melelahkan secara emosional dan fisik. Setiap orang mengalami proses itu dengan cara yang berbeda.

Konseling grief atau konseling duka cita adalah salah satu bentuk dukungan profesional yang dapat membantu individu melalui masa-masa sulitnya.

Konseling grief bertujuan untuk membantu individu memahami dan mengatasi perasaan mereka, memberikan ruang untuk berbicara tentang kehilangan, serta menemukan cara untuk melanjutkan hidup dengan kenangan yang ada.

Konselor grief adalah profesional terlatih yang memahami kompleksitas emosi yang terkait dengan kehilangan.

BACA JUGA:Erick Thohir Ajak Melek Literasi Digital dan Peduli Mental Health, Gen Z Sumut Antusias


Berduka karena Kehilangan Orang yang Dicintai? Lakukan Konseling Grief. Konseling grief bertujuan untuk membantu individu memahami dan mengatasi perasaan mereka.-stefamerpik-freepik.com

Mereka memberikan lingkungan yang aman dan mendukung bagi individu untuk mengekspresikan perasaan mereka tanpa takut dihakimi.

Dalam sesi konseling, konselor membantu individu mengenali tahap-tahap berduka. Seperti penyangkalan, kemarahan, tawar-menawar, depresi, dan penerimaan.

Mengetahui bahwa perasaan itu adalah bagian normal dari proses berduka, dapat memberikan rasa lega dan pemahaman bagi individu yang sedang berjuang.

Selain itu, konseling grief juga membantu individu mengidentifikasi mekanisme koping yang sehat. Ketika berhadapan dengan kehilangan, beberapa orang mungkin cenderung menarik diri atau menggunakan cara-cara yang tidak sehat untuk mengatasi rasa sakit mereka. Seperti penyalahgunaan alkohol atau obat-obatan.

BACA JUGA:Alami Depresi saat Pendidikan Spesialis, Ini Tindak Lanjut yang Perlu Dilakukan

Konselor bekerja dengan individu untuk menemukan cara-cara positif dalam menghadapi duka. Seperti berolahraga, berbicara dengan teman atau keluarga, atau menyalurkan perasaan melalui seni atau kegiatan kreatif lainnya.

Itu membantu memastikan bahwa proses berduka tidak hanya ditangani tetapi juga diarahkan menuju pemulihan yang sehat.

Konseling grief juga memberikan dukungan dalam jangka panjang. Sering kali perasaan kehilangan tidak hilang begitu saja. Tetapi berubah seiring waktu. Konselor dapat membantu individu membangun kehidupan yang penuh makna.

Kategori :