Tradisi Unik 1 Muharram di Berbagai Negara, dari Makan Bubur Sampai Mandi Lumpur

Senin 08-07-2024,14:35 WIB
Reporter : Ilmi Bening
Editor : Retna Christa

HARIAN DISWAY - Memasuki awal tahun Hijriyah, selain berpuasa, umat muslim biasanya merayakannya dengan tradisi tertentu.  Pergantian tahun diperingati dengan tak kalah meriah dengan tahun baru masehi.

Dikutip dari NU Online, bulan Muharram adalah momentum yang istimewa karena terdapat amalan puasa menghapuskan dosa selama 1 tahun dan dicatat sebagai ibadah 700 tahun.

Menurut berbagai hadist, terdapat peristiwa-peristiwa penting selama bulan Muharram. Misalnya, dosa Nabi Adam yang diampuni setelah turun dari surga, Nabi Ibrahim selamat dari bara api, Nabi Yusuf bebas dari penjara, dan Nabi Ayyub sembuh dari penyakitnya.

BACA JUGA:Niat, Tata Cara, dan Keistimewaan Puasa Muharram, Dicatat Sebagai Ibadah 700 Tahun

Tradisi 1 Muharram tidak hanya dilakukan oleh orang Indonesia saja. Seluruh umat muslim di berbagai belahan dunia juga memiliki tradisi masing-masing.

Apa saja tradisi itu, dan negara apa saja yang memiliki tradisi dalam perayaan Muharram? Simak ulasan berikut ini ya.

1. Arab Saudi


TRADISI unik 1 Muharram di berbagai negara. Warga Arab Saudi memanfaatkan tahun baru Islam untuk ibadah.-Gulf News-

Arab Saudi termasuk negara muslim yang merayakan tradisi 1 Muharram. Dikutip dari as.com, Arab Saudi merayakan Tahun Baru Islam dengan cara melakukan doa dan beribadah.

Jarang ada perayaan publik secara besar-besaran. Mereka hanya saling berkirim ucapan selamat tahun baru kepada orang terdekat.

BACA JUGA:Sandurrellang, Tradisi 1 Muharram di Jember (1): Warga Berzikir di Bhujuk Taka

Ada tradisi khusus di Jeddah, orang-orang akan meminum susu dipercaya membuat tahun yang akan datang menjadi putih dan suci, serta memakan sesuatu yang hijau di siang hari merupakan simbol kejayaan di tahun yang akan datang.

2. Malaysia


TRADISI unik 1 Muharram di berbagai negara. Warga Malaysia memanfaatkan liburan Muharram untuk ibadah dan bertemu kerabat.-Institut Masa Depan Malaysia-

Di Malaysia, mayoritas warga negaranya adalah muslim. Sehingga pasti ada tradisi tersendiri dalam perayaan 1 Muharram. Dikutip dari laman Universiti Putra Malaysia, bulan Muharram dianggap waktu yang paling bagus untuk melakukan amal dan ibadah.

Kategori :