Tradisi Unik 1 Muharram di Berbagai Negara, dari Makan Bubur Sampai Mandi Lumpur

Senin 08-07-2024,14:35 WIB
Reporter : Ilmi Bening
Editor : Retna Christa

Sham e-Ghariban merupakan acara berkabung yang mengingatkan keberanian mereka untuk menegakkan kebenaran dan keadilan yang mereka lakukan di masa lalu.

Sham e-Ghariban menjadi acara paling berkesan, karena acara ini mirip dengan acara renungan malam. Akan ada pembakaran tenda pada hari ke-10 untuk mengenang peristiwa tragis sekaligus mengenaskan.

Tradisi ini mengingatkan kembali  peristiwa pembakaran tenda milik yatim piatu oleh musuh, lalu dibiarkan terlantar, sendirian, dan sebatang kara.

Gel Mali menjadi tradisi yang unik karena mereka akan mandi lumpur dan debu berjamaah. Tradisi ini dilakukan dengan tujuan untuk menghormati pengorbanan Imam Husain.

BACA JUGA:Peringati 1 Muharram dengan Jalan Sehat Bareng, Khofifah: Momen Kuatkan Persaudaraan!

5. Indonesia


TRADISI unik 1 Muharram di berbagai negara. Warga Jawa Barat, Indonesia, menggelar nyadran yang artinya syukuran.-Kementerian Agama-

Di Indonesia sendiri ada tradisi unik di bulan Muharram. Seperti festival Pariaman, Grebeg Maulud, Nyadran Desa, Pawai Obor, dan sebagainya.

Salah satu yang paling besar adalah Festival Tabuik yang berasal dari Pariaman, Sumatera Barat. Festival Tabuik dilakukan untuk memperingati wafatnya Imam Husein, cucu nabi Muhammad yang mati syahid.

Ada juga Grebeg Maulud dirayakan di Yogyakarta dengan pertunjukan budaya, acara musik gamelan, serta pameran barang Kesultanan Yogyakarta.

Tradisi Nyadran berasal dari Jawa Barat dan dilakukan dengan menyajikan sesaji berupa bunga dan makanan serta diringi bacaan doa perlindungan.

Sementara itu, Pawai Obor dilangsungkan di berbagai daerah di Indonesia. Peserta membawa obor dan berjalan bersama sambil membaca ayat-ayat atau lagu keagamaan.

Itulah beberapa tardisi unik untuk menyambut 1 Muharram d berbagai negara. Mana yang pernah Anda ikuti? (*)

Kategori :