Tradisi Unik 1 Muharram di Berbagai Negara, dari Makan Bubur Sampai Mandi Lumpur

Senin 08-07-2024,14:35 WIB
Reporter : Ilmi Bening
Editor : Retna Christa

BACA JUGA:Peringati 1 Muharram dengan Jalan Sehat Bareng, Khofifah: Momen Kuatkan Persaudaraan!

Umat muslim Malaysia merayakan tahun baru Islam dengan cara mengikuti salat berjamaah di masjid dan berkumpul dengan keluarga. Biasanya akan ada masakan khusus untuk perayaan ini. Seperti bubur beras manis yang disebut dengan bubur asyura.

Mereka biasanya memakan makanan ini bersama dengan keluarga, kerabat, atau teman di pagi hari. Bulan Muharram menjadi bulan khusus untuk mengintrospeksi diri dan berdoa.

3. Turkiye


TRADISI unik 1 Muharram di berbagai negara. Warga Turkiye menandai tahun baru dengan makan bubur noah's pudding.-Ahsyura-

Turkiye merupakan negara muslim yang termasuk negara sekuler dengan nilai islami yang tidak terlalu kental. Meskipun begitu, ada tradisi unik yang sudah dikenal sejak zaman kerajaan Ottoman.

Dikutip dari laman Yunus Emre Institute, hari ke-10 pada bulan Muharram terdapat banyak peristiwa penting sehingga dinamakan hari Noah’s Pudding.

BACA JUGA:Menyambut Satu Muharram 1446 H, Pemprov Jatim Pecahkan Rekor Pengibaran 10 Ribu Bendera

Hari tersebut menjadi arti penting bagi masyarakat Turki, bahkan hari tersebut menjadi makanan khas Turki yang disajikan sebagai makanan penutup yang dibagikan dalam upacara khusus.

Tradisi ini diketahui sudah ada sejak zaman kekaisaran Ottoman dengan pudding yang dimasak di Istana oleh koki dan kepala dapur, kemudian dibagikan pada rakyat Turki dengan wadah spesial yang diberi nama Nampan Ashura.

4. Iran


TRADISI unik 1 Muharram di berbagai negara. Warga Iran melakukan Gel Mali alias tradisi mandi lumpur.-Fariba Tarhani-IRNA

Iran juga memiliki tradisi khusus untuk merayakan 1 Muharram. Dikutip dari visitouriran.com, beberapa tradisi khusus 1 Muharram seperti Ta’zieh, Nazri, Sham-e Ghariban, dan Gel Mali.

Nazri merupakan tradisi memberikan makanan dan minuman yang manis, teh, atau makanan tradisional kepada para pengunjung yang dipercaya membawa berkah penyembuhan serta perwujudan kasih sayang kepada sesama.

BACA JUGA:48 Ribu Masyarakat Jatim Meriahkan Jalan Sehat 1 Muharram 1445 H Bersama Gubernur Khofifah

Ta’zieh merupakan festival penting dalam budaya Iran. Orang-orang akan mengenakan kostum dan terdapat musik yang mengiringi acara tersebut.

Kategori :