Pilgub Jatim 2024: Khofifah-Emil Kian Solid, PDIP Belum Tentukan Sikap

Jumat 02-08-2024,20:14 WIB
Reporter : Michael Fredy Yacob
Editor : Noor Arief Prasetyo

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Waktu pendaftaran bakal calon kepala daerah sudah dekat. Hanya tersisa 25 hari lagi. Tepatnya 27 Agustus 2024. Tetapi sampai sekarang baru pasangan Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak yang dipastikan akan maju kontestasi Pilgub Jatim 2024. Belum ada lawan buat pasangan ini.

Bahkan, pasangan petahana ini sudah memborong hampir semua partai yang memiliki kursi di parlemen. Pasangan Khofifah-Emil sudah mengantongi tujuh rekom partai dan satu dukungan partai yang tidak memiliki kursi di parlemen yakni Perindo. Tujuh partai tersebut adalah Gerindra, Golkar, Demokrat, PKS, PAN, PPP, dan PSI.

Hanya tersisa tiga partai lagi yang belum menentukan pilihan: PDI Perjuangan, PKB, dan Nasdem. Beberapa waktu lalu, PDI Perjuangan sempat menyatakan bahwa masih memungkinkan mengusung pasangan petahana di Pilgub Jatim ini. 

Bahkan Wakil Ketua DPD PDIP Jatim Budi Sulistyono beberapa waktu lalu dengan terang-terangan mengatakan seandainya partai berlogo kepala banteng ini mengusung petahana, mereka tidak akan menyodorkan kader. Mereka tetap akan mengusung pasangan Khofifah-Emil. 

BACA JUGA:Pilgub Jatim: PKB Hanya Sodorkan KH Marzuki Mustamar ke PDI Perjuangan

BACA JUGA:Giring Bawa Relawan Gibran untuk Pemenangan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim

Tapi hingga saat ini, PDIP belum menentukan sikap di pilgub Jatim. "Masih memungkinkan, masih dinamis, dinamikanya masih ada. Intinya masih ada peluang, mereka kan sudah clear Khofifah sama Emil. Tapi apa yang bisa kita kerja samakan," katanya beberapa waktu lalu.


Pasangan Khofifah-Emil saat berfoto bersama kader DPW PPP Jatim, Kamis 1 Agustus 2024.-Michael Fredy Yacob-

Apalagi, elektabilitas Khofifah-Emil memang masih tinggi. “Kita nggak gegabah untuk melawan inkumben yang konon katanya elektabilitasnya tinggi. Maka siapa-siapa yang pantas dan layak yang mampu agak keseimbangan, sehingga genjotnya kita nggak berat," tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim Sri Untari Bisowarno memberi sinyal jika nantinya pasangan Khofifah-Emil tidak akan melawan kotak kosong di Jatim. “Insya Allah ada. Tapi mungkin di last minute,” katanya, Jumat 2 Agustus 2024.

BACA JUGA:Tantang Khofifah-Emil di Pilgub Jatim, PDIP Setor Tiga Kandidat Calon ke PKB

BACA JUGA:Poros Baru Pilgub Jatim: PDIP dan PKB Bahas Kandidat Penantang Khofifah

Hanya saja, dia tidak mau banyak komentar terkait potensi PDI Perjuangan yang akan mengusung Khofifah-Emil. “Belum ada keputusan mas. Itu semua keputusan pengurus pusat partai. Domainnya Ketua Umum Megawati Soekarnoputri,” ungkapnya.

Juga terkait rencana pertemuan antara Said Abdullah dengan Halim Iskandar. Pertemuan yang akan membahas masalah tokoh yang akan diusung untuk Pilgub Jatim. “Mungkin (pertemuan minggu ini). Karena yang akan ketemua pak ketua (Said Abdullah),” ungkap anggota DPRD Jatim dapil Malang Raya itu.

Khofifah Indar Parawansa pun mengakui hingga saat ini dirinya masih berkomunikasi dengan semua partai. Termasuk PDIP. Komunikasi yang dibangun itu, dia menyebut untuk bersama membangun Jawa Timur. “Pokoknya kalau kita ini komunikasi terus. Membangun komunikasi dengan siapa saja,” kata Khofifah, Jumat 2 Agustus 2024.

Kategori :