Pilgub Jatim: PKB Hanya Sodorkan KH Marzuki Mustamar ke PDI Perjuangan

Pilgub Jatim: PKB Hanya Sodorkan KH Marzuki Mustamar ke PDI Perjuangan

Bendahara DPW PKB Jatim Fauzan Fuadi saat ditemui di kantor DPW PKB Jatim usai pemotongan hewan kurban, Selasa 18 Juni 2024-Michael Fredy Yacob-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - KH Marzuki Mustamar menjadi satu-satunya nama yang akan disodorkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kepada PDI Perjuangan untuk Pilgub Jatim 2024. Tidak ada nama lain yang akan mereka tawarkan kepada partai berlogo kepala banteng itu.

Sementara itu, DPD PDI Perjuangan Jatim menyiapkan tiga nama untuk ditawarkan kepada PKB. Nama-nama tersebut adalah Tri Rismaharini, Azwar Anas, dan Budi Sulistyono. Kedua partai ini akan membahas semua nama tersebut dalam pertemuan yang rencananya dilakukan pekan depan.

“Sejak awal, yang ingin diusung PKB adalah Kiai Marzuki Mustamar. Tidak ada yang lain,” kata Bendahara DPW PKB Jatim, Fauzan Fuadi, saat dikonfirmasi melalui telepon, Minggu, 28 Juli 2024.

Namun, ia tidak mengetahui detail teknis dan komposisi koalisi di Pilgub Jatim 2024 nanti. Meski begitu, PKB tetap ingin Kiai Marzuki sebagai calon gubernurnya, bukan calon wakil gubernur Jatim.

BACA JUGA:Menanti Rekom PDIP dan Risma Efek di Pilgub Jatim!

BACA JUGA:Risma Tertinggi! PDIP Kerucutkan Tiga Nama Penantang Khofifah di Pilgub Jatim 2024

Alasannya, di DPRD Jatim, kursi PKB lebih banyak, yaitu 27 kursi. Sementara PDI Perjuangan hanya memiliki 21 kursi. Berdasarkan hal itu, ia menegaskan bahwa PKB ingin menyodorkan Kiai Marzuki sebagai calon nomor satu.

“Persoalan komposisinya nanti seperti apa ketika disandingkan dengan partai mitra koalisi, mohon tunggu sebentar lagi. Itu sudah menjadi porsi para petinggi kami yang berkompeten memutuskan,” katanya.

“Kalau petinggi kami yang memutuskan, bawahan pasti siap bergerak. Intinya saya tegaskan bahwa PKB mengusung calon gubernur, bukan wakil gubernur,” tambahnya.

Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim itu menambahkan bahwa para elite partai akan bertemu pekan depan untuk membahas kerja sama di Pilgub Jatim 2024. “Yang saya dengar seperti itu (pertemuan PKB dan PDIP). Antar pucuk pimpinan saja,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, Said Abdullah, mengungkapkan peringkat kader yang berpotensi diusung dalam Pilgub Jatim 2024. Mereka disiapkan untuk melawan petahana Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak.

BACA JUGA:PKB Rayu Kiai Marzuki Mustamar Maju Calon Gubernur Jatim: Belum Ada Gestur Menolak

BACA JUGA:Giring Bawa Relawan Gibran untuk Pemenangan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim

Dalam peringkat yang dilakukan oleh PDIP Jatim, nama Risma – sapaan akrab Tri Rismaharini – berada di urutan pertama, diikuti oleh Menpan RB Azwar Anas, serta mantan Bupati Ngawi, Budi 'Kanang' Sulistyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: