Tantang Khofifah-Emil di Pilgub Jatim, PDIP Setor Tiga Kandidat Calon ke PKB

Tantang Khofifah-Emil di Pilgub Jatim, PDIP Setor Tiga Kandidat Calon ke PKB

ILUSTRASI pilihan PKB-PDIP di Pilgub Jatim 2024.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - PDI Perjuangan siap berkoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk menciptakan poros baru dalam Pilgub Jatim 2024. Itu berarti pasangan calon petahana Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak tidak akan melawan kotak kosong.

Para petinggi DPP PDIP Jatim akan sowan ke Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar alias Gus Halim dalam waktu dekat. Tentu untuk membahas terkait siapa saja tokoh yang cocok untuk diusung melawan petahana.

“Minggu depan kita akan duduk bersama dengan Gus Halim Iskandar. Bisa di-cross check dengan beliau. Kita akan bicara untuk Pilgub Jatim,” kata Ketua DPD PDIP Jatim Said Abdullah di kantornya, Kamis, 25 Juli 2024.

BACA JUGA:Poros Baru Pilgub Jatim: PDIP dan PKB Bahas Kandidat Penantang Khofifah

BACA JUGA:Menanti Rekom PDIP dan Risma Efek di Pilgub Jatim!

Sebab, Said juga meyakini bahwa PKB pasti punya tokoh yang ingin dicalonkan. Salah satu yang ramai diisukan yakni KH Marzuki Mustamar. PDIP pun makin semangat dan optimistis.

Menurutnya, PDIP dan PKB di Jatim berkoalisi, masyarakat Jawa Timur akan bahagia. Kini, kedua parpol besar itu tinggal memformulasikan posisi antara nama bakal calon gubernur dan wakil gubernur. 

PDIP sendiri menyiapkan tiga kader yang sudah digodok. Yakni Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menpan-RB Azwar Anas, dan Budi Sulistyono alias Kanang (caleg DPR RI terpilih). “Ketiga-tiganya sudah kami persiapkan. Minggu depan, insyaAllah akan duduk bersama dengan Gus Halim,” katanya lagi.


KH Marzuki Mustamar (kiri) dan Tri Rismaharini (kanan) diwacanakan sebagai penantang Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024.-Dokumentasi kemensos RI dan PWNU Jatim.-

Anggota DPR RI dapil Madura itu menegaskan, ketiga kandidat tersebut sudah melalui kajian yang dilakukan DPD PDIP Jatim. Termasuk mengukur kapasitas dan rekam jejak semua calon itu. 

BACA JUGA:Risma Tertinggi! PDIP Kerucutkan Tiga Nama Penantang Khofifah di Pilgub Jatim 2024

BACA JUGA:Risma-Marzuki Tunggu Momen, Khofifah-Emil Makin Tak Terbendung Jelang Pilgub Jatim 2024

Mereka, jelas Said, para kader andalan PDIP. Tentu dinilai layak karena punya pengalaman sebagai kepala daerah. Terutama dilihat dari rekam jejak masing-masing.

Tri Rismaharini atau Risma sebelum menjadi menteri sosial, merupakan wali Kota Surabaya dua periode. Lalu, Azwar Anas, sebelumnya merupakan Bupati Banyuwangi yang menjabat periode 2010-2015 dan 2016-2021. Begitu pula Kanang pernah menjadi bupati Ngawi dua periode.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: