Risma-Marzuki Tunggu Momen, Khofifah-Emil Makin Tak Terbendung Jelang Pilgub Jatim 2024

Risma-Marzuki Tunggu Momen, Khofifah-Emil Makin Tak Terbendung Jelang Pilgub Jatim 2024

Duet Tri Rismaharini dan KH Marzuki Mustamar dikabarkan maju ke Pilgub Jatim 2024.--

HARIAN DISWAY - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan PDI-Perjuangan makin rapat. Terutama untuk menyiapkan asangan calon (paslon) yang akan diusung ke Pilgub Jatim 2024. Yakni Menteri Sosial Tri Rismaharini dan eks Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar.

Hal itu pun tampak dari gelagat Marzuki saat ditanya awak media terkait dirinya yang disiapkan PKB maju di Pilgub Jatim 2024. Meski jawabannya singkat. “Pokoknya tidak boleh ngomong sekarang. Nanti akan disampaikan menjelang hari H. Nggakpapa mepet,” tandasnya di Jakarta Convention Center (JCC).

Tentu, langkahnya cukup berat. Sebab, pasangan petahana Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak unggul di segala lini. Berdasarkan hasil survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI), elektabilitas Khofifah saja di angka 49,7 persen.

BACA JUGA:PKB-PDIP Bisa Pecah Suara Nahdliyin, Optimistis Salip Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

BACA JUGA:PPP Target Kemenangan Khofifah-Emil 60 persen di Pilgub Jatim

"Khofifah Indar Parawansa unggul baik dalam top of mind hingga kuesioner head to head melawan Tri Rismaharini," kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt dalam konferensi pers di Hotel Elmi Surabaya, Rabu, 24 Juli 2024.


Direktur ARCI Baihaki Sirajt saat memaparkan hasil survei elektabilitas Pilgub Jatim di Hotel Elmi Surabaya, Rabu, 24 Juli 2024.-Michael Freddy Yacob/Harian Disway-

Dalam simulasi cagub delapan nama, elektabilitas Khofifah memimpin. Diikuti oleh Risma 13,4 persen, KH Marzuki Mustamar 10,6 persen, Azwar Anas 5,2 persen, Ahmad Fauzi 4,5 persen, Pramono Anung 2,1 persen, M Nur Arifin 0,9 persen, dan Anggia Ermarini 0,5 persen. Sebanyak 13,1 persen responden belum menentukan pilihan.

Begitu pula bila dikerucutkan simulasi tiga nama cagub Jatim. Elektabilitas Khofifah menguat di angka 53,6 persen. Kemudian Risma di angka 19,6 persen, dan KH Marzuki 10,2 persen. Sebanyak 16,6 persen responden belum menentukan pilihan.

BACA JUGA:PDIP Masih Lobi PKB untuk Siapkan Lawan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim

BACA JUGA:Khofifah-Emil Dapat Surat Rekomendasi dari PKS, Makin Percaya Diri Menangkan Pilgub Jatim 2024

Bahkan, ketika hanya ada dua nama, Khofifah tetap unggul di angka 54,3 persen dan Risma hanya 23,8 persen. Dalam top of mind, elektabilitas Khofifah di angka 37,8 persen, Risma 15,2 persen, dan Marzuki di angka 9,6 persen. Sebanyak 37,4 persen responden belum menentukan.

"Elektabilitas Khofifah masih belum ada yang menandingi. Dengan waktu yang semakin mepet Pilkada Serentak 2024 ini, belum ada nama yang running, akan berat menyaingi Khofifah di Jatim," kata Baihaki.

Sementara dalam survei cawagub Jatim, elektabilitas Emil Dardak perkasa di angka 47,6 persen. Disusul KH Marzuki 15,8 persen, Ahmad Fauzi 9,2 persen, M Nur Arifin 3,1 persen, Anggia Ermarini 2,5 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: