PDIP Masih Lobi PKB untuk Siapkan Lawan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim

PDIP Masih Lobi PKB untuk Siapkan Lawan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim

Sekretaris DPD PDIP jatim Sri Untari (tiga kiri) saat diskusi mencari penantang Khofifah-Emil di Pilgub Jatim, di Hotel Kempi Surabaya, Rabu 10 Juli 2024.-Pokja Grahadi-

HARIAN DISWAY - PDI Perjuangan sangat serius mencari lawan pasangan Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak di Pilgub Jatim 2024. Partai berlogo banteng moncong putih itu cuma punya peluang berkoalisi dengan dua parpol: Partai NasDem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sebab, tujuh parpol yang menguasai parlemen kini sudah diborong oleh petahana. Ya, Khofifah-Emil baru saja mendapatkan surat rekomendasi ketujuh dari parpol. Mereka menjemputnya ke markas Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Jalan TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada Kamis, 19 Juli 2024.

PDI Perjuangan memang tengah menyiapkan calon sendiri. Ada sejumlah kandidat yang sempat muncul ke permukaan. Salah satu yang terkuat adalah Menteri Sosial Tri Rismaharini.

BACA JUGA:Survei Proximity: Khofifah Jauh Lebih Unggul dari Risma

BACA JUGA:Khofifah-Emil Dapat Surat Rekomendasi dari PKS, Makin Percaya Diri Menangkan Pilgub Jatim 2024

Tetapi, partai besutan Megawati Soekarnoputri itu tidak bisa mendaftarkan calon sendiri ke KPU. Harus berkoalisi. Sebab, hanya punya 21 kursi di DPRD Jatim. Masih kurang tiga kursi lagi untuk memenuhi ambang batas 24 kursi.


KH Marzuki Mustamar (kiri) dan Tri Rismaharini (kanan) diwacanakan sebagai penantang Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024.-Dokumentasi kemensos RI dan PWNU Jatim.-

Ada wacana yang muncul bahwa Risma akan digandengkan dengan eks Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar. Marzuki akan diusung PKB. Tetapi, wacana itu seolah kian menguap mendekati masa pendaftaran.

Saat dikonfirmasi Harian Disway, DPD PDI Perjuangan Jatim juga enggan berkomentar banyak. Saat ini, masih terus berusaha mendekati PKB. Terutama komunikasi antara Ketua DPD Jatim Said Abdullah dengan Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar alias Gus Halim.

“Pak Ketua kami (Said Abdullah) sudah sampaikan bahwa akan segera bertemu dengan Gus Halim. Tunggu saja,” singkat Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim Sri Untari Bisowarno saat dihubungi, tadi malam.

BACA JUGA:Berpotensi Hadapi Poros PKB-PDIP, Khofifah: Semua Orang Berhak Dipilih dan Memilih

BACA JUGA:Khofifah-Emil Didukung 7 Parpol, Pengamat: PDIP dan PKB Harusnya Sudah Bergerilya

Saat ditanya kapan pertemuan itu direalisasikan, ketua fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim itu tidak menjawab. Padahal, beberapa waktu lalu Untari menegaskan bahwa akhir bulan ini PDI Perjuangan akan mengumumkan arah politik partainya. Termasuk siapa yang akan diusung di Pilgub Jatim nanti.

Tentu, secara hitungan politik, kekuatan Khofifah-Emil makin tak terbendung. Posisi mereka sudah di atas angin.  Bahkan, peluang pasangan petahana itu menjadi paslon tunggal juga makin lebar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: