Kemenkumham Jatim Bagi-bagi Paspor hingga Daftar PT Perorangan Gratis, Ini Jadwalnya!

Sabtu 03-08-2024,18:31 WIB
Reporter : Mohamad Nur Khotib
Editor : Mohamad Nur Khotib

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Kabar gembira datang di Hari Pengayoman ke-79 alias hari lahir Kementerian Hukum dan HAM. Ada berbagai produk menarik yang disajikan oleh Kemenkumham Jatim kepada masyarakat.

Tentu tanpa biaya apapun alias gratis. Yakni mulai pembuatan paspor hingga pendirian PT perorangan. 

Masyarakat bisa memanfaatkan layanan itu secara cuma-cuma dengan hadir di posko Pelayanan Kumham Bergerak dan Berdampak, di Car Free Day Taman Bungkul Surabaya, Minggu, 8 Agustus 2024.

Jadwalnya cukup singkat. Mulai pukul 08.00 sampai 09.00 pagi. “Kami juga akan menggelar berbagai pelayanan publik dalam satu tempat. Mulai dari pelayanan kekayaan intelektual berupa pendaftaran merek, paten, hak cipta hingga desain industri,” jelas  Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono, Sabtu, 1 Agustus 2024.

BACA JUGA:Kemenkumham Jatim Fasilitasi Klien Pemasyarakatan Daftarkan Merek Usaha

BACA JUGA:Kemenkumham Jatim Uji 6 Pemohon Kewarganegaraan Indonesia

Dari pelayanan Administrasi Hukum Umum, ada pelayanan konsultasi kenotariatan, apostille hingga pendirian PT Perorangan. Hanya tersedia 40 kuota bagi masyarakat beruntung yang hendak mendirikan PT Perorangan.

Selain itu, Heni melanjutkan bahwa pihaknya juga membuka konsultasi bantuan hukum gratis dan fasilitasi pendaftaran katalog sektoral kemenkumham.

"Jadi UMKM yang berminat menjual produknya kepada Kemenkumham akan dibantu untuk mendaftarkan usahanya menjadi mitra penyedia barang dan jasa," jelas Heni.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Jatim Harap Peningkatan Disiplin dan Kekompakan Pegawai

BACA JUGA:Kemenkumham Deportasi Ribuan WNA Sepanjang Awal 2024, Naik Dua Kali Lipat Dibanding Tahun Lalu

Masyarakat juga bisa membeli produk hasil karya warga binaan lapas se-Jawa Timur. Karena berbagai hasil produk narapidana akan dipamerkan di stand khusus.

"Kami mengajak masyarakat untuk membeli dan mengenakan produk warga binaan seperti batik, perlengkapan rumah tangga hingga sepatu atau tas," urainya.

Sementara itu, dari layanan keimigrasian, ada banyak sekali hadiah yang akan dibagikan. Mulai dari 30 antrean paspor walk in, maupun 9 paspor gratis.

"Silakan masyarakat hadir, karena akan banyak sekali manfaat yang akan didapatkan di sana," jelasnya.

Kategori :