Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tiga Desa Lolos Seleksi dari Kabupaten Magetan

Minggu 04-08-2024,08:15 WIB
Reporter : Elsa Amalia Kartika Putri*)
Editor : Noor Arief Prasetyo

HARIAN DISWAY - Seleksi desa/kelurahan peserta Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 tengah berlangsung. Saat ini, tim sedang melakukan seleksi terhadap lima desa/kelurahan dari masing-masing kabupaten/kota di Jawa Timur. Salah satunya adalah Kabupaten Magetan. Seleksi ini akan menyaring lima desa menjadi tiga desa.

Dalam seleksi yang dilakukan pada Sabtu, 3 Agustus 2024. Inilah tiga desa yang berhasil lolos.

Desa Mraggen yang terletak di Kecamatan Maospati, menjadi desa pertama yang lolos dalam penyeleksian di antara lima desa yang menjadi delegasi kabupaten Magetan. Desa Mraggen sendiri dipimpin oleh Kepala Desa Agus Heru Maryanto, Sertu Aman Nursinto sebagai Babinsa, dan Bripka Choirul Anas sebagai babinkamtibmas. 

Mranggen, memiliki beberapa program unik yang ditujukan untuk kerekatan masyarakat sekitarnya, dan kemudahan akses persuratan tingkat desa. Seperti halnya sudah menggunakan barcode di setiap rumah ketua RT setempat untuk keperluan surat menyurat. SALIMAN (Sedekah Lingkungan Mranggen) juga menjadi salah satu inovasi yang mereka usung untuk berbagi. RAMBO (Rawat dan Sambangi ODGJ) juga menjadi salah satu program yang mereka usung. Tak hanya itu, namun peran tiga pilarnya juga mereka tonjolkan dengan sikap sigap tanggap ketika adanya laporan masyarakat.


Kegiatan RAMBO yang dilakukan oleh Desa Mranggen--

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Inilah Tiga Kelurahan Lolos dari Kota Kediri

Desa Duwet, Kecamatan Bendo, adalah desa yang juga lolos seleksi APJW II 2024 dari Kabupaten Magetan. Desa ini dipimpin Kepala Desa Agung Sugiarno, serta Babinsa Sertu Rudi Hartono, dan Bhabinkamtibmas Bripka Panji Saputra. 

Duwet memiliki beberapa program yang melibatkan langsung komposisi tiga pilarnya. Seperti adanya fogging di beberapa titik di daerah tersebut, untuk meminimalisir adanya penyakit yang disebabkan oleh serangga. Tidak hanya menggandeng masyarakat usia lanjut, namun mereka juga menggandeng para kawula muda untuk turuut serta menjaga keamanan daerahnya. Tentu saja hal ini bukan satu satunya program yang mereka cantumkan, namun banyak program lainnya yang sudah dijalankan di desa ini.


Bantuan tepat sasaran Desa Duwet yang diawasi langsung oleh tiga pilarnya--

Desa Sombo, Kecamatan Poncol, menjadi desa terakhir yang lolos seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 di Kabupaten Magetan. Desa ini dipimpin oleh Kepala Desa Ismaidi, Seru Hartono, sebagai babinsa, serta Aipda Prima Bagus, sebagai bhabinkamtibnas.

Desa ini memberikan bantuan kepada lansia dan disabilitas yang tepat sasaran karena dipantau langsung oleh tiga pilarnya. Selain itu mereka juga mengadakan sebuah forum yang ditujukan untuk penanggulangan bencana alam. Remaja Masjid dan karang tarunajuga didorong untuk aktif mendukung pembangunan desa setempat, hal ini dilakukan untuk menggerakan semua warga agar desa tersebut dapat berkembang dan maju.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II: 3 Desa Terbaik dari Kabupaten Ngawi

Desa Bulukerto yang terletak di Kecamatan Magetan dan Desa Sendangagung, Kecamatan Plaosan, tidak lolos seleksi karena ada beberapa aspek indikator penilaian yang kurang. Meskipun persaingan dari kelima desa yang terletak di Kabupaten Magetan ini tidak terlalu ketat, keberlangsungan program dan kegiatan masing-masing desanya sudah cukup baik. (*) 

*) Mahasiswa Politeknik Negeri Malang, Mahasiswa Magang Regular Harian Disway

Kategori :