Hari Remaja Internasional 12 Agustus, Sejarah dan Tujuan Peringatannya

Senin 12-08-2024,13:17 WIB
Reporter : Jessica Laurent
Editor : Heti Palestina Yunani

HARIAN DISWAY - Setiap tanggal 12 Agustus, dunia memperingati Hari Remaja Internasional, dengan mengusung tema yang berbeda tiap tahunnya, yang dirancang untuk menyoroti berbagai isu penting yang dihadapi oleh para remaja.

Tema yang dicanangkan setiap tahunnya tersebut meliputi aspek-aspek seperti kesehatan, pendidikan, pekerjaan, partisipasi politik, serta isu lingkungan. Pada 2024 ini, temanya Dari Klik Menuju Kemajuan: Jalur Digital Pemuda Menuju Pembangunan Berkelanjutan.

Tema ini diiringi dengan slogan Memberdayakan Pemuda, Membangun Masa Depan yang mencerminkan fokus pada peran teknologi dan inovasi digital yang dipimpin oleh kaum muda.

BACA JUGA:Sejarah di Balik Peringatan Hari Hutan Indonesia 7 Agustus

Pemilihan tema ini bertujuan untuk menggarisbawahi pentingnya inisiatif-inisiatif digital yang diciptakan oleh pemuda, serta peran mereka dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.

Dengan tema ini, diharapkan kesadaran dan partisipasi para remaja dalam memanfaatkan teknologi digital untuk kemajuan global dapat semakin ditingkatkan. Lantas, apa yang melatarbelakangi peringatan ini? Berikut penjelasannya.

Sejarah Hari Remaja Internasional

Peringatan Hari Remaja Internasional berawal dari rekomendasi yang dihasilkan pada World Conference of Ministers Responsible for Youth yang digelar di Lisbon pada 8-12 Agustus 1998.

BACA JUGA: Hari Ikrar Gerakan Pramuka 30 Juli, Begini Sejarahnya

Kemudian, pada 17 Desember 1999, Majelis Umum PBB menetapkan 12 Agustus sebagai International Youth Day atau Hari Remaja Internasional melalui resolusi 54/120 Tahun 1999.

Peringatan ini didukung oleh berbagai kegiatan informasi publik yang bertujuan tidak hanya untuk memperingati Hari Remaja Internasional, tetapi juga untuk mempromosikan Program Aksi Dunia untuk Pemuda.

Program ini telah diadopsi oleh Majelis Umum PBB dalam resolusi 50/181 pada 1996 dan menjadi panduan penting dalam mendukung pengembangan dan pemberdayaan kaum muda di seluruh dunia.

BACA JUGA: Hari Anak Nasional 23 Juli: Sejarah, Makna dan Tema Tahun 2024

Resolusi Dewan Keamanan 2250 mengenai Pemuda, Perdamaian, dan Keamanan menekankan pentingnya peran pemuda sebagai agen perubahan dalam upaya mempromosikan perdamaian dan melawan ekstremisme.

Resolusi ini menyoroti kebutuhan mendesak untuk melibatkan generasi muda dalam proses perdamaian, dengan mengakui mereka sebagai mitra strategis dalam mencari solusi atas berbagai tantangan yang dihadapi oleh kaum muda di dunia saat ini.

Kategori :