Tinjau Persiapan Pembukaan PON XXI Aceh-Sumut, Menpora Pastikan Seremoni Siap Digelar

Senin 09-09-2024,00:20 WIB
Editor : Heti Palestina Yunani

BANDA ACEH, HARIAN DISWAY - Seremoni pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) siap digelar. Upacara pembukaan tersebut berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh, Senin, 9 September 2024 malam.

Terkait hal itu Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memastikan bahwa acara akan siap digelar. “Kita nanti malam akan melakukan geladi resik final untuk memastikan persiapan opening ceremony," katanya.

Pembukaan PON XXI yang dilakukan besok malam dipastikan dihadiri dan dibuka oleh Presdien Jokowi. Menpora menyampaikan hal itu saat konferensi pers di Media Center PON XXI Aceh-Sumut 2024, Banda Aceh, Minggu, 8 September 2024.

BACA JUGA: Sukseskan PON XXI, Pj Gubernur Aceh Ikuti Saran Mendagri untuk Posisikan Media Massa sebagai Dukungan Penting

Keseluruhan persiapan PON XXI hingga saat ini telah sesuai target. Hal ini termasuk persiapan penyelenggaraan pertandingan yang sudah mencapai tahap final. Bahkan beberapa cabang olahraga mulai dipertandingkan sejak beberapa waktu lalu.

“Tadi pagi saya sudah ke Kutacane, Aceh Tenggara, juga melihat venue dan pertandingan arung jeram yang sudah dimulai dengan lancar. Saya rasa apa yang akan kami lakukan Banda Aceh juga semuanya sudah siap,” ujarnya.

Dito juga mengatakan bahwa koordinasi dengan berbagai pihak terkait terus dibangun untuk menyukseskan penyelenggaraan PON XXI. Terlebih laga nasional ini merupakan PON pertama yang digelar di dua provinsi, sehingga memiliki tantangan tersendiri.

BACA JUGA: Menuju PON XXI, Jokowi Resmikan Rehabilitasi dan Renovasi Sejumlah Venue PON di Aceh

Berkat kerja sama dengan lintas pihak, baik kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah (Pemda) berbagai tantangan tersebut dapat teratasi. “Ini Alhamdulillah sementara semuanya sesuai target dan tercapai,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman mengatakan, 38 kontingen dari 38 provinsi dan satu kontingen dari Ibu Kota Nusantara (IKN) akan mengikuti upacara pembukaan besok.

Selain di Aceh, upacara ini bakal diikuti secara virtual oleh daerah penyelenggara PON XXI di Sumut. “Jadi secara kesiapan venue-nya sudah siap. Kemudian juga dari sisi panitia pelaksana, peralatan pertandingan semuanya sudah siap," katanya.

BACA JUGA: PON XXI Aceh-Sumut 2024 Besok Dibuka Jokowi, Kaus Berlogo Resmi Banyak Dicari Pembeli

Dengan semua kepastikan itu, menpora berharap semua akan dilaksanakan dengan lancar mengingat presiden akan berkenan membukanya. "Baik di Aceh dan Sumatera Utara insyaallah besok akan berjalan sesuai yang kita harapkan ya,” jelasnya.

Penjelasan Dito dalam konferensi pers tersebut itu dihadiri oleh beberapa pejabat. Di antaranya Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria dan Penjabat Gubernur Aceh Safrizal ZA.

Tampak pula dalam pertemuan dengan awak media itu Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Surono. Mereka semua berkomitmen mendukung suksesnya pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut. (Puspen Kemendagri)

Kategori :