Maung Pindad Besutan Prabowo Dipamerkan di IKN, Begini Kecanggihannya!

Sabtu 17-08-2024,14:10 WIB
Reporter : Mohamad Nur Khotib
Editor : Mohamad Nur Khotib

HARIAN DISWAY - Sebanyak empat unit kendaraan taktis (rantis) Maung dipamerkan dalam gelar alat utama sistem persenjataan (alutsista) pada pengamanan rangkaian kegiatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Maung itu merupakan tipe terbaru, yakni MV3 Mobile Jammer yang dilengkapi jammer drone sebagai senjata. 

Keempat unit tersebut ditempatkan di 4 titik, yaitu gedung Paspampres, danau, medical center, dan bukit bendera.

Adapun generasi ketiga Maung ini ialah besutan presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto yang diproduksi oleh PT Pindad. 

BACA JUGA:Pidato Kenegaraan Terakhir, Jokowi Serahkan Estafet Kepemimpinan Indonesia Pada Prabowo

BACA JUGA:Bamsoet Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wapres Terpilih Dalam Sidang Tahunan MPR 2024

Setelah sukses dengan kehadiran generasi pertama, Prabowo terus meminta beragam inovasi dan perbaikan pada kendaraan taktis itu.


Maung Pindad besutan Prabowo dipamerkan pada gelaran alutsista dalam perayaan HUT ke-79 RI di IKN, Sabtu, 17 Agustus 2024.--Dok. Kemenhan

Akhirnya, PT Pindad meluncurkan generasi ketiga kendaraan taktis tersebut yang memiliki kelebihan utama dari segi bodi tangguh dalam bermanuver di berbagai medan ekstrem.

"Maung konsep awal memang diinisiasi oleh Bapak Prabowo. Tim teknis Pindad menjabarkan ide inovatif yang diusung Bapak Prabowo dalam bentuk desain, pengembangan kemampuan taktis sampai produksi massal," ungkap Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad Sigit P Santosa di Jakarta.

Vice President Inovasi dan Pengembangan Produk PT Pindad Prima Kharisma mengungkapkan, Maung MV3 yang merupakan bagian kontrak dari Kementerian Pertahanan ini memiliki sejumlah senjata soft kill dan hard kill yang terpasang di kendaraan taktis paling anyar tersebut.

BACA JUGA:Ketum PPP Temui Prabowo, Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran

BACA JUGA:Usai NasDem, Prabowo Sambut Gembira PPP Yang Ingin Gabung Koalisi Indonesia Maju: Saya Sangat Utamakan Kolaborasi

Senjata hard kill di Maung maupun di Senjata Pelumpuh Senyap (SPS) merupakan inovasi Pindad. 

“Sedangkan drone Jammer yang terpasang di Maung maupun SPS adalah hasil kerja sama dengan PT Sapta Cakra Manunggal," ungkap Prima.

Kategori :