Istimewa! Ulang Tahun Ke-79 Indonesia Dapat Dua Kado dari Palestina, Salah Satunya Video

Sabtu 17-08-2024,21:47 WIB
Reporter : Vrisca Sheilla*)
Editor : Heti Palestina Yunani

HARIAN DISWAY - Istimewa! Palestina memberikan kado pada hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia yang ke-79. Bukan satu, melainkan dua. Kado yang pertama adalah berupa video ucapan selamat memperingati Hari Kemerdekaan.

Kado yang kedua diwujudkan dengan pemberian gelar tertinggi dari presiden Palestina kepada Presiden Jokowi. Video ucapan selamat dirilis oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Adara Relief International melalui akun Instagram resmi mereka.

Akun @adararelief itu menyiarkannya tepat pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Video dibuka dengan adegan sejumlah anak Palestina yang keluar dari tenda pengungsian untuk membuat beberapa karya berupa tulisan dan gambar.

BACA JUGA: Dari Moskow ke Ankara: Presiden Palestina Akan Berpidato di Turki Usai Bertemu Putin

Isinya tentang ucapan untuk kemerdekaan Indonesia. Setelah itu, adegan dalam video itu beralih memperlihatkan seorang pria Palestina yang tengah mendengarkan radio yang memutarkan lagu kebangsaan Indonesia, Indonesia Raya.

Sekelompok anak-anak tadi lantas satu per satu keluar dari tenda mereka sambil membawa bendera Palestina, Indonesia, serta bendera dengan logo Adara. Mereka berjalan beriringan dan melakukan pawai sambil mengibarkan ketiga bendera tersebut.

Beberapa tulisan yang mereka buat di antaranya adalah “Terus Melaju untuk Indonesia Maju 79”, “17th August Indonesia Independence Day”, “Thanks to Indonesia”, “Happy Independence Day to Indonesia”, serta “Terima Kasih Indonesia”.

BACA JUGA: Mahkamah Internasional Vonis Kehadiran Negara Israel di Tanah Palestina Melanggar Hukum Internasional

Kado istimewa itu pun langsung mendapatkan reaksi yang positif. Video yang berdurasi satu menit 44 detik itu disukai oleh lebih dari 36 ribu likes dan dikomentari hingga melebihi dua ribu komentar dari para pengguna Instagram.

Adapun untuk kado keduanya adalah pemberian sebuah penghargaan dari Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas yang bertajuk “Grand Collar Order of the State of Palestine” kepada Presiden Joko Widodo pada Senin, 19 Agustus 2024.

Meski tak hadir secara langsung, namun Presiden Abbas telah mengutus penasihat khususnya, Riyad Al Maliki, untuk secara langsung menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta untuk memberikan penghargaan tersebut.

BACA JUGA: Israel Kecam Keputusan Mahkamah Internasional: Orang Yahudi Berhak di Tanah Mereka Sendiri!

Diketahui bahwa penghargaan itu memiliki status sebagai penghargaan paling tinggi yang diberikan oleh Palestina kepada seseorang atau suatu pihak tertentu. Al Maliki mengutarakan bahwa penghargaan ditujukan sebagai bentuk penghormatan.

Khususnya kepada Presiden Jokowi atas semua upaya yang dilakukan untuk terus mendukung perjuangan Palestina dalam mendapatkan hak-haknya. Pertemuan dihadiri oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi.

Dalam kesempatan itu, Retno menerangkan makna pemberian penghargaan itu kepada Presiden Jowkowi. Dijelaskannya, utusan khusus dari Palestina menyampaikan penghargaan yang sangat tinggi secara langsung dari Presiden Mahmoud Abbas.

Kategori :