Drama Kolosal Polisi Juang Indonesia, Peringati Hari Juang Polri di Surabaya

Rabu 21-08-2024,13:44 WIB
Reporter : Michael Fredy Yacob
Editor : Guruh Dimas Nugraha

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Hari Juang Polri diperingati 21 Agustus. Hari bersejarah itu baru disahkan Kapolri pada 22 Januari 2024 lalu.

Penetapan itu berdasarkan keputusan Kapolri Nomor 95/I/2024 tentang Hari Juang Polri dan Keputusan Kapolri Nomor: KEP/1325/VII/2024, yang dikeluarkan 12 Agustus 2024 tentang Tata Upacara Hari Juang Polri.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memimpin langsung upacara peringatan hari juang Polri di depan Monumen Perjuangan Polri, Jalan Darmo, Surabaya. Di situ, Jenderal Listyo membacakan teks Proklamasi Polisi. Berikut isi dari teks Proklamasi Polisi:

BACA JUGA:Polresta Sidoarjo Gelar Bhayangkara Run 2024: Bukti Relasi Polri dan Masyarakat


Drama Kolosal Polisi Juang Indonesia, Peringati Hari Juang Polri di Surabaya. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Juang Polri di depan Monumen Perjuangan Polri.-Sahirol Layeli-Harian Disway

Proklamasi Polisi.

Untuk bersatu dengan rakyat dalam perjuangan mempertahankan Proklamasi 17 Agustus 1945, dengan ini menyatakan polisi sebagai Polisi Republik Indonesia.

Surabaya, 21 Agustus 1945.

Atas nama seluruh warga polisi, Moehammad Jasin, Inspektur Polisi Kelas I.

BACA JUGA:Senyum Jokowi, Prabowo, dan Ma’ruf Amin di Upacara Praspa TNI-Polri

Kepala Pusat Sejarah Polri Brigjen Pol Hari Nugroho mengatakan, "Hari Juang Polri ini merujuk pada peristiwa 21 Agustus 1945. Pada hari itu dilakukan pembacaan Proklamasi Polri oleh Polisi Istimewa –sebelumnya bernama Tokubetsu Keisatsutai. Pasukan itu dipimpin oleh Inspektur Polisi Kelas I Moehammad Jasin."

“Setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dikumandangkan pada 17 Agustus 1945, Menteri Negeri Otto Iskandar Dinata menetapkan status polisi untuk segera dimasukkan ke dalam kekuasaan pemerintah,” tambahnya.

Usai upacara peringatan Hari Juang Polri, digelar drama kolosal Polisi Juang Indonesia. Drama itu menceritakan perjuangan polisi dan masyarakat. Serta pengibaran bendera merah putih yang dilakukan Laskar Rakyat beserta kesatuan Polisi Istimewa.


Drama Kolosal Polisi Juang Indonesia, Peringati Hari Juang Polri di Surabaya. Adegan drama kolosal Polisi Juang Indonesia. Tampak para polisi istimewa melindungi rakyat dari serangan tentara Sekutu.-Sahirol Layeli-Harian Disway

BACA JUGA:Catatan dari Parade Surabaya Juang 2023: Wali Kota Terlambat, Spirit Kepahlawanan Hilang

Kategori :