Restui Risma Mundur dari Kabinet, Jokowi: Ya Itu Lebih Baik

Jumat 30-08-2024,19:00 WIB
Reporter : Mohamad Nur Khotib
Editor : Mohamad Nur Khotib

HARIAN DISWAY - Menteri Sosial Tri Rismaharini sudah pamit ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk maju di Pilgub Jatim 2024. Eks wali kota Surabaya dua periode itu pun direstui mundur dari Kabinet Indonesia Maju.

Keduanya sudah bertemu di Istana Kepresidenan, Jakarta, pukul 08.30 pagi tadi. “Ya, saya izinkan. Ya itu lebih baik (mundur dari kabinet). Tetapi kalau tidak, aturannya kan tidak apa-apa, memperbolehkan,” ujarnya kepada wartawan saat meresmikan Gedung Respirasi Kesehatan RS Persahabatan Ibu dan Anak, Jakarta, Jumat, 30 Agustus 2024.

BACA JUGA:Risma Sudah Temui Jokowi, tapi Belum Undur Diri dari Kabinet

BACA JUGA:Risma-Gus Han Daftar ke KPU: Pasangan Resik-Resik untuk Jatim Bersih

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana membenarkannya. Tetapi, ia memastikan belum ada surat pengunduran diri dari Risma.

"Sampai dengan saat ini, Ibu Risma belum menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menteri Sosial," kata Ari melalui keterangan tertulis.

Menurut Ari, Risma hanya melapor soal keputusannya mencalonkan diri di Pilgub Jatim 2024. Dan Jokowi pun menghormati keputusan politik tersebut.

Ia menjelaskan bahwa UU Pilkada tidak mewajibkan menteri untuk mundur bila mencalonkan diri sebagai kepala daerah. 

BACA JUGA:Risma-Gus Hans Maju di Pilgub Jatim 2024, PDIP Daftarkan ke KPU Malam Ini

BACA JUGA:Fix! Risma Lawan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim

“Keputusan untuk mundur dari jabatan tersebut menjadi hak atau pilihan pribadi yang bersangkutan yang patut dihormati," ungkap Ari.

Anda sudah tahu, Risma mendaftar Pilgub Jatim 2024 ke KPU Jatim pada Kamis malam, 29 Agustus 2024. Mantan wali kota Surabaya itu berpasangan dengan Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans sebagai calon wakil gubernur.


Pertarungan di Pilgub Jatim meskipun diikuti tiga pasangan calon sejatinya merupakan pertarungan Khofifah vs Risma.--

Risma sempat menanggapi pertanyaan terkait rencana pengunduran diri dari kabinet setelah mendaftar ke KPU Jatim.

"Memang tidak ada aturan, tapi saya akan mengundurkan diri. Dan itu kewenangan beliaunya saya diberikan mundur atau tidak," Risma di sela-sela ziarah makam Mbah Bungkul di Surabaya pada Kamis malam, 29 Agustus 2024. (*)

Kategori :