Paus Fransiskus Tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Besok Bertemu Presiden Jokowi di Istana

Selasa 03-09-2024,13:01 WIB
Reporter : Navara Darisya Salma*)
Editor : Salman Muhiddin

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Paus Fransiskus tiba di Indonesia hari ini, Selasa, 3 September 2024 di Bandara Soekarno-Hatta. Pemimpin Gereja Katolik dunia dan kepala Negara Vatikan tersebut berhasil mendarat dengan pesawat komersilnya pukul 11.26 WIB.

Gelaran karpet merah tampak siap di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten untuk menyambut pemimpin gereja katolik tersebut.

Paus Fransiskus menggunakan kursi roda dan menerima bunga dari dua putra putri Indonesia usai turun dari pesawat.

Beberapa pejabat penting dari Indonesia telah bersiap menyambut kedatangan Paus Fransiskus di bandara. Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo, dan Ketua Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia yakni Ignasius Jonan.

Paus Fransiskus akan memulai rangkaian kunjungan di Jakarta mulai hari ini hingga 6 September 2024 mendatang. Selama di Jakarta, Paus Fransiskus akan menggunakan Kijang Innova Zenix dalam setiap perjalanannya.

BACA JUGA:Paus Fransiskus Tak Pakai Fasilitas Mewah, Muhammadiyah: Teladan Pemimpin Global

BACA JUGA:Jokowi Sebut Kunjungan Paus Fransiskus Sangat Bersejarah

Pada hari ini, kegiatan Paus Fransiskus hanya penyambutan di Bandara Soekarno-Hatta. Kegiatan kunjungan akan dimulai esok hari, 4 September 2024. Paus Fransiskus akan berkunjung ke Istana Negara untuk bertemu Presiden Joko Widodo dan mengunjungi Gereja Katedral Jakarta.

Pada hari ketiganya di Indonesia, Paus Fransiskus akan mengunjungi Masjid Istiqlal di pagi hari. Kemudian, siang hari akan mengisi Indonesian Bishop’s Conference.

Sore hari, Paus Fransiskus akan memandu misa akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Antusiasme tinggi dari umat Katolik, seluruh kursi di Stadion GBK telah terisi penuh.

Maka panitia mengimbau umat Katolik yang tidak mendapat tiket tersebut dapat mengikuti misa akbar melalui siaran langsung.

Sebanyak 59 gereja Katolik di wilayah Keuskupan Agung Jakarta akan melakukan siaran langsung misa akbar dari Stadion GBK.

Juru Bicara Panitia Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia Romo Thomas Ulun Ismoyo menyebut pelaksanaan misa akbar di Stadion GBK akan disertai dengan protokol keamanan yang ketat.

BACA JUGA:Menko PMK: Kunjungan Paus Fransiskus, Sebuah Kehormatan bagi Indonesia

BACA JUGA:Paus Fransiskus Tiba di Indonesia Pukul 11.30 WIB, Pakai Pesawat Ramah Lingkungan

Kategori :