Happy Namjoon Day! Perjalanan Karier RM BTS dari Rapper Underground hingga Jadi Leader Idol Group Terbesar

Kamis 12-09-2024,09:37 WIB
Reporter : Diva Aura Kamila*
Editor : Retna Christa

RM mulai menulis lirik-lirik yang menurutnya keren dan membagikannya pada teman-temannya. Dari situ, ia mulai menggabungkan puisi dengan musik dan menciptakan lagu.

Pada usia 12 tahun, RM menjalani pertukaran pelajar di Selandia Baru selama empat bulan. Pengalaman itu membuka wawasan dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya, yang sangat membantu karier musiknya.

Pada tahun 2007, saat RM masih di sekolah menengah, ia mulai serius dalam rap dan bergabung dengan komunitas hip-hop di daerahnya. Ia merekam lagu pertamanya dengan Adobe Audition, lalu tampil di konser pertamanya pada tahun 2008.

BACA JUGA:Bingung dan Tersesat, Ini Lirik dan Terjemahan Lagu LOST! dari RM BTS

BACA JUGA:Horor Banget! RM BTS Rilis Teaser LOST!, Kira-Kira Ini Maknanya


Selamat Ulang Tahun RM! Simak Perjalanan Karirnya dari Rapper Underground hingga Leader BTS. Foto: RM dalam konten BTS-log sebelum resmi debut bersama bts--Youtub BANGTANTV

Runch Randa

Sejak usia belasan itu, RM sudah terjun di dunia hip-hop Korea dengan nama panggung Runch Randa. Ia bergabung dengan grup hip-hop seperti Black Pirates bersama LUPE (sekarang CHANGMO) dari 2007 hingga 2008.

Ia juga menjadi bagian dari grup DaeNamHyup yang terkenal saat itu. Selain sebagai Runch Randa, RM juga merilis musik dengan nama lain seperti Largo, The Nexist, dan Stealo.

Meskipun RM sangat berbakat dalam musik, perjalanan kariernya tidak mudah. Orang tuanya awalnya menolak minatnya dalam musik, karena prestasi akademiknya yang sangat baik. Ia diharapkan menempuh jalur "normal". Sekolah, kuliah, dan bekerja kantoran.

BACA JUGA:Keren! Come back to me Milik RM BTS Puncaki iTunes di 82 Negara, Termasuk Indonesia

BACA JUGA:RM BTS Terluka Saat Syuting MV Come back to me, Sutradara: Aku Bakal Dideportasi!

Hal itu makin menjadi-jadi setelah RM, yang memiliki IQ 148, menempati peringkat 1% teratas dalam ujian. Orang tuanya pun makin berharap ia fokus pada pendidikan.

Namun, RM berhasil meyakinkan ibunya untuk mendukungnya menjadi rapper. Ia bertanya, "Apakah ibu mau punya anak yang jadi rapper nomor satu, atau siswa peringkat 5.000?"

Masa Trainee dan Debut BTS


Selamat Ulang Tahun RM! Simak Perjalanan Karirnya dari Rapper Underground hingga Leader BTS. Foto: RM dan member BTS lainnya saat awal debut--X @bts_bighit

Kategori :