Happy Namjoon Day! Perjalanan Karier RM BTS dari Rapper Underground hingga Jadi Leader Idol Group Terbesar

Kamis 12-09-2024,09:37 WIB
Reporter : Diva Aura Kamila*
Editor : Retna Christa

Pada 2009, RM ikut audisi di agensi Big Deal Records. Ia lolos putaran pertama bersama Samuel Seo, tapi gagal di putaran kedua karena lupa lirik lagu.

Setelah audisi, rapper Sleepy (Kim Sung-won) bertukar kontak dengan RM dan memperkenalkannya kepada produser BigHit Entertainment, Pdogg.

Setahun kemudian, pada 2010, Sleepy mengajak RM untuk audisi di depan CEO BigHit, Bang Si Hyuk. Bang Si Hyuk tertarik pada anak muda berumur 16 tahun itu, dan menawarkan posisi di agensi.

BACA JUGA:RM BTS Rilis MV Come Back to Me, Ini Peran 7 Aktor Top yang Nongol di Sana

BACA JUGA:Penuh Makna, Ini Lirik dan Terjemahan Lagu Come back to me milik RM BTS

RM, yang saat itu masih SMP, menerima tawaran tersebut tanpa memberitahu orang tuanya. Keputusan itu menjadi awal terbentuknya grup hiphop yang dikenal sebagai BTS.

RM bergabung dengan BigHit Entertainment sebagai trainee. Beberapa bulan kemudian, ada trainee lain bergabung dengannya, bernama Min Yoon Gi. Dan pada akhir tahun, satu trainee lagi nongol, namanya Jung Ho Seok.

Mereka bertiga, yang di kemudian hari dikenal sebagai RM, Suga, dan J-Hope, menjadi cikal bakal grup hiphop Bangtan Sonyeondan. Selama tiga tahun training, ketiganya bekerja keras menulis lagu. RM sendiri terlibat dalam 5 lagu pra-debut BTS pada 2010 dan 2011.

Pada 13 Juni 2013, RM (alias Rap Monster) resmi debut bersama BTS dengan lagu No More Dream dari album debut mereka 2 Cool 4 Skool. And the rest is history.

BACA JUGA:Salut! V dan RM BTS Lulus Pelatihan Dasar Wamil Sebagai Trainee Elite, Ini Isi Pidatonya

BACA JUGA:Sering Dibilang Sexy Brain, Inilah 7 Lagu Ciptaan RM BTS yang Membuktikan Kejeniusannya

Peran RM Sebagai Leader


Selamat Ulang Tahun RM! Simak Perjalanan Karirnya dari Rapper Underground hingga Leader BTS. Foto: BTS saat menghadiri American Music Awards 2021--X @bts_bighit

Sebagai leader BTS, RM punya tugas penting untuk menjaga hubungan antar anggota dan mewakili mereka di depan BigHit Entertainment serta pihak lain.

Ia juga bertindak sebagai produser dan penulis lagu. RM sudah menulis dan memproduksi banyak lagu untuk BTS dan artis lainnya.

Keterampilan bahasa Inggrisnya yang baik membantu BTS dikenal lebih luas di level internasional. Terutama di AS. Kemampuan bahasa Inggrisnya membuat BTS bisa berkomunikasi langsung dengan publik internasional tanpa perlu penerjemah.

Kategori :