Memutihkan Gigi Apakah Aman? Begini Prosedur Bleaching yang Aman Menurut Kemenkes

Kamis 12-09-2024,22:46 WIB
Reporter : Rida Khumaida Nabila*)
Editor : Taufiqur Rahman

“Bleaching ini kan kita menggunakan bahan kimia ya, bahan kimia ini sebenarnya adalah hidrogen perokside yang mana sifatnya membakar jaringan” lanjutnya.


Syarat orang yang bisa melakukan bleaching itu gigi tidak boleh ada yang berlubang. Jika ada yang berlubang harus dibenahi dan ditambal terlebuh terlebih dahulu. 

“Kemudian orang yang minum dingin aja ngilu, itu gak boleh, terus misalnya pasien punya kebiasaan merokok atau ngopi baik juga jangan karena warnanya cepat untuk balik,” katanya.

BACA JUGA:6 Obat Herbal Atasi Sakit Gigi

Sebelum tindakan bleaching gigi ada persiapan-persiapan, seperti karang gigi harus dibersihkan, ketika gusinya meradang pun harus disebuhkan.

Bleaching bertahan sekitar 6-12 bulan tergantung makanan pasien juga, seperti makan soto, the, kopi, makanan minuman berwarna seperti itu. 

Dokter gigi tersebut juga memaparkan efek terdekat gigi menjadi lebih sensitif. Kemudian, ketika terlalu banyak melakukan bleaching akan menyebabkan kerapuhan gigi. 

Pada periode dua minggu setalah bleaching, pasien tidak diperbolehkan makan dan minum berwarna. Serta penggunaan obat kumur harus dihindari.

“Nggak bole pakai yang aneh2 dulu istilanya gitu lah,” kata dokter Dina.

 

*)Mahasiswa UIN Sunan Ampel SUrabaya. Peserta Magang Reguler di Harian Disway

Kategori :