Belanja Online Kini Makin Mudah dengan Tiktok Shop, Yuk Pelajari Fiturnya

Sabtu 14-09-2024,00:59 WIB
Reporter : Angelina Aurellia*
Editor : Heti Palestina Yunani

HARIAN DISWAY - Belanja di dunia serbadigital kini semakin dipermudah. Belakangan yang semakin populer adalah di TikTok Shop namanya. Sama dengan platform sebelumnya, TikTok Shop menawarkan pengalaman belanja yang menarik dan unik.

Padahal semula kemunculan TikTok tidak termasuk untuk belanja. Berawal dari aplikasi hiburan yang banyak orang gunakan untuk mengupload video trend, TikTok kini sudah bisa digunakan sebagai social commerce atau belanja online.

Sebagai bisnis di bidang sosial dan e-commerce di Indonesia yang makin banyak pengikutnya, jumlah pengguna TikTok di Indonesia sebanyak 126,83 juta orang pada Januari 2024. Hal itu berdasarkan laporan We are Social.

BACA JUGA: Cara Menghapus Akun TikTok Permanen atau Sementara, Ini Panduan Lengkapnya!

Sejak kemunculannya, TikTok membuka peluang belanja online yang mudah dan praktis. Mulai dari, belanja secara live ataupun tersedia fitur shop yang dikenal dengan TikTok Shop yang pertama kali muncul di Indonesia pada 2021 lalu.

Sejak TikTok memperoleh izin resmi dari pemerintah Indonesia, Tiktok shop menjadi pilihan platform untuk membeli barang bagi banyak orang di Indonesia. Itu menyusul kesuksesan marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lainnya.

Cara Belanja di TikTok Shop

Buat Anda yang ingin membeli sejumlah barang di TikTok Shop tapi belum paham cara menggunakannya, jangan khawatir. Langkah pertama adalah membuka aplikasi TikTok. Setelah itu, klik ikon TikTok Shop di halaman utama.

BACA JUGA: Cara Daftar TikTok Affiliate untuk Kreator dan Penjual, Ini Syarat Lengkapnya!

Di halaman TikTok Shop, Anda dapat menjelajahi berbagai produk. Gunakan fitur pencarian untuk menemukan item yang Anda cari. TikTok Shop menyediakan berbagai kategori produk. Mulai dari pakaian hingga elektronik. Semua bisa Anda temukan.

Setelah menemukan produk yang diinginkan, klik untuk melihat detailnya. Pastikan untuk membaca deskripsi produk dan ulasan pengguna. Jika Anda tertarik untuk membeli, klik tombol "Beli Sekarang." Anda akan dibawa ke halaman checkout.

Di situ Anda bisa menyelesaikan pembelian. Jangan lupa, pada halaman checkout tersebut, masukkan alamat pengiriman dan metode pembayaran. Enaknya, TikTok Shop mendukung berbagai metode pembayaran, seperti kartu kredit dan e-wallet.
Tampilan halaman utama TikTok Shop pada aplikasi TikTok yakni di sebelah kanan beranda. Dari sini Anda bisa mulai melakukan pembelanjaan dengan mudah dan cepat. --TikTok

BACA JUGA: Erick Thohir Minta TikTok Tambah Investasi di RI: Jangan Cuma Bikin Cabang

Verifikasi semua informasi yang telah dimasukkan. Pastikan alamat dan detail pembayaran Anda sudah benar sebelum melanjutkan. Jika perlu lakukan double check. Setelah semua informasi dikonfirmasi, klik tombol "Konfirmasi Pembelian".

Pesanan Anda akan diproses dan Anda akan menerima notifikasi melalui aplikasi.Anda dapat melacak status pesanan melalui halaman "Pesanan Saya." TikTok Shop menyediakan fitur pelacakan untuk memantau perkembangan pengiriman.

Kategori :