GP Azerbaijan: Charles Leclerc Raih Pole Position Keempat Buruntun, Kali Ini Bisa Juara?

Minggu 15-09-2024,04:00 WIB
Reporter : Bagus aji
Editor : Retna Christa

HARIAN DISWAY - Charles Leclerc akan start dari posisi terdepan dalam GP F1 Azerbaijan di Sirkuit Baku City malam ini, 15 September 2024. Ini adalah empat tahun beruntun bintang Ferrari itu meraih pole position di Baku.

Leclerc menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi Sabtu sore waktu setempat. Ia membukukan catatan waktu 1 menit, 41,365 detik. Lebih cepat 0,321 detik atas Oscar Piastri yang menguntit di belakangnya.

Apakah posisi start akan memuluskan ambisi Charles Leclerc untuk meraih kemenangan back-to-back setelah GP Italia di Monza pekan lalu?

Belum tentu. Karena, dalam tiga kali kesempatan mendapatkan pole position di Baku, belum sekalipun driver 26 tahun itu berhasil menjadi juara GP Azerbaijan. Sirkuit jalanan di tepi Laut Kaspia itu terlalu tricky!

BACA JUGA:GP Azerbaijan: Charles Leclerc Tercepat di FP2 Meski Sempat Tabrakan

BACA JUGA:Formula 1: Pirelli Siapkan Ban Khusus Sirkuit Baku City Azerbaijan

Pengakuan Charles Leclerc


GP Azerbaijan: Charles Leclerc raih pole position keempat beruntun di Sirkuit Baku City. Foto: Leclerc (tengah) bareng Oscar Piastri (McLaren, kiri) dan rekan setimnya Carlos Sainz. -Formula 1-

"Di masa lalu, kami kesulitan dalam hal kecepatan saat race. Tapi tahun ini, kami lebih baik dalam balapan, jadi saya berharap kami akhirnya bisa melakukannya besok," kata Leclerc, sebagaimana dikutip Autosport.

Charles Leclerc mengalami akhir pekan yang penuh insiden di Baku. Ia mengalami kecelakaan pada latihan pertama pada Jumat pagi. Dan mengalami masalah teknis pada sesi kedua, Jumat sore.

Dua masalah itu membuatnya kehilangan sekitar separo jatah waktu mengaspalnya di Baku. Namun, meski hanya melahap 19 lap pada FP2, ia berhasil menjadi yang tercepat.

"Ini adalah salah satu trek favoritku. Aku sangat menyukainya," kata Leclerc. Ia menambahkan bahwa ini "bukan akhir pekan yang mudah".

BACA JUGA:McLaren dan Ferrari Perketat Persaingan, Red Bull di Bawah Tekanan F1 2024

BACA JUGA: McLaren F1 Siap Kudeta Red Bull di Sisa Musim 2024, Persaingan Makin Panas!

"Aku tidak terlalu khawatir, dan aku tahu kami harus mengejar ketinggalan. Tapi kami selalu memiliki kecepatan yang dibutuhkan," jelas Leclerc.

Kategori :