Formula 1: Pirelli Siapkan Ban Khusus Sirkuit Baku City Azerbaijan

Formula 1: Pirelli Siapkan Ban Khusus Sirkuit Baku City Azerbaijan

Mobil Max Verstappen (tim Oracle Red Bull F1), saat melintasi sudut ikonik sirkuit Baku City di musim 2023 lalu--Twitter Oracle Red Bull Racing @redbullracing

HARIAN DISWAY - Formula 1 akan beranjak ke Baku untuk Grand Prix Azerbaijan akhir pekan ini. Tahun ini, untuk pertama kalinya, balapan diadakan pada bulan September, bukan pada bulan April atau Juni seperti biasanya.

Keputusan ini juga akan diterapkan pada tahun depan, dengan tujuan menciptakan kalender yang lebih efisien secara logistik.

Untuk balapan "Jet Darat" di sirkuit Baku City akhir pekan nanti, Pirelli telah mempersiapkan seluruh kebutuhan ban yang sesuai dengan karakteristik lintasan.

"Karena sirkuit ini biasanya terbuka untuk aktivitas lalu lintas kota, evolusi lintasan akan menjadi faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat mengevaluasi performa, sementara cuaca juga dapat berperanm," tulis pernyataan Pirelli.

BACA JUGA:McLaren dan Ferrari Perketat Persaingan, Red Bull di Bawah Tekanan F1 2024

BACA JUGA: McLaren F1 Siap Kudeta Red Bull di Sisa Musim 2024, Persaingan Makin Panas!

"Dalam hal strategi, Baku biasanya merupakan balapan dengan satu pemberhentian, menggunakan ban paling keras untuk menyelesaikan 51 lap. Pada 2023, hampir semua pembalap memulai balapan dengan ban medium sebelum beralih ke ban keras ketika Safety Car muncul di lap ke-11," lanjut pernyataan itu.

Cuaca yang cenderung panas pada bulan September dapat menyebabkan suhu lintasan bervariasi secara signifikan, tergantung pada bagian mana yang terkena sinar matahari atau berada di bawah naungan bangunan sekitar, terutama di area yang melintasi kota tua.

Selain itu, faktor angin juga bisa memengaruhi pengendalian mobil. Angin yang datang dari arah berbeda, disalurkan oleh bangunan di sekitar kota, dapat membuat pengemudi tidak siap.

Kecepatan tertinggi yang pernah dicatatkan mobil Formula 1 di sirkuit Baku City adalah 378 km/jam oleh Valtteri Bottas dengan mobil Williams-Mercedes, saat sesi kualifikasi ajang perdana tahun 2016.

BACA JUGA:Tim Red Bull F1 Rajanya Sirkuit Baku City Azerbaijan, Ini Catatan Rekornya!

BACA JUGA:Red Bull F1 Siapkan Strategi Setelah Jonathan Wheatley Pindah ke Audi

Untuk itu, Pirelli membawa tiga jenis ban kompon kering dengan tipe karet lunak, yaitu ban kode-C3 sebagai ban Hard, kode-C4 sebagai ban Medium, dan kode-C5 sebagai ban Soft.

Setiap pembalap akan mendapatkan dua set ban Hard (bertanda putih), tiga set ban Medium (bertanda kuning), dan delapan set ban Soft (bertanda merah).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: