GP Azerbaijan: Charles Leclerc Tercepat di FP2 Meski Sempat Tabrakan

GP Azerbaijan: Charles Leclerc Tercepat di FP2 Meski Sempat Tabrakan

GP F1 Azerbaijan: Charles Leclerc tercepat di FP2 meski sempat tabrakan. Foto: Leclerc mengaspal di Sirkuit Baku, Azerbaijan, 13 September 2024. -Natalia Kolesnikova-AFP

HARIAN DISWAY - Dua sesi latihan bebas GP F1 Azerbaijan di Sirkuit Baku berlangsung penuh drama. Pembalap Ferrari Charles Leclerc sukses menjadi yang tercepat pada free practice (FP)2, meskipun sempat mengalami insiden di FP1.

Charles Leclerc membukukan waktu 1 menit 43,484 detik. Lebih cepat sangat tipis 0,006 detik dari pembalap Red Bull Sergio Perez yang menguntit di belakangnya.

Sedangkan Max Verstappen, yang mencatatkan waktu tercepat di FP1, lebih lambat lebih setengah detik dari Leclerc. Tepatnya 0,545 detik. Bedanya, ia membukukan catatn itu setelah mengaspal selama 23 lap. Sedangkan Leclerc hanya 19 lap.

Hasil manis di FP2 tidak lepas dari serangkaian kemalangan yang dialami Charles Leclerc sebelumnya. Peraih tiga kali pole position di Baku itu mengalami masalah teknis di awal sesi kedua. Dan bahkan sempat tabrakan di FP1.

BACA JUGA:Formula 1: Pirelli Siapkan Ban Khusus Sirkuit Baku City Azerbaijan

BACA JUGA:Tim Red Bull F1 Rajanya Sirkuit Baku City Azerbaijan, Ini Catatan Rekornya!

Penjelasan Charles Leclerc


GP F1 Azerbaijan: Charles Leclerc tercepat di FP2 meski sempat tabrakan. Foto: Leclerc meninggalkan mobilnya yang menabrak tembok di Sirkuit Baku, Azerbaijan, 13 September 2024. -Tofik Babayev-AFP

Meski membukukan waktu tercepat, pembalap asal Monegasque, Monaco, itu tidak bisa sepenuhnya puas pada performa mesin Ferrari di Baku. Terutama masalah teknis yang terjadi di awal FP2. Masalah itu sangat mengganggu dan menghalangi laju SF-24 miliknya.

"Saat kami memulai FP2, ada masalah pada mobil yang terlambat. Kami memeriksanya lihat setelah saya masuk (pit), dan kami mengganti bagian tersebut," ungkap Leclerc usai sesi latihan, sebagaimana dikutip BBC.

Ketika Leclerc kali pertama kali mengatakan ada masalah, timnya justru bilang bahwa mereka tidak melihat masalah apa pun di telemetri. Namun, ia bersikeras mengatakan mobilnya terasa "tidak lurus". Ia mengomel, "Tidak mungkin kalian tidak bisa melihatnya di data."

Charles Leclerc, yang pada FP1 menggunakan kombinasi ban medium, mengalami insiden di tikungan ke-15. Mobilnya selip dan membentur tembok. Namun, driver 26 tahun itu menegaskan bahwa masalah teknis yang ia hadapi tidak berkaitan dengan tabrakan tersebut.

BACA JUGA:Leclerc Menang Dramatis di Monza, Tifosi Ferrari Berpesta!

BACA JUGA:F1 GP Monaco: Charles Leclerc Rebut Pole Position saat Max Verstappen Melempem

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bbc