Mengapa Boneka Monster Lucu Labubu Jadi Tren dan Jadi Buruan? Ini Nih Penyebabnya!

Selasa 17-09-2024,08:46 WIB
Reporter : Diva Aura Kamila*
Editor : Heti Palestina Yunani

HARIAN DISWAY - Akhir-akhir ini Indonesia sedang diramaikan dengan boneka monster lucu bernama Labubu. Boneka ini berhasil menarik perhatian berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, influencer, hingga selebritas papan atas.

Banyak yang berusaha untuk mendapatkan Labubu dan membuat konten “unboxing” lalu diunggah di media sosial masing-masing seperti TikTok, Instagram, dan X (Twitter). Karena kini viral di berbagai media sosial, Labubu pun makin populer.

Ia menjadi barang yang sangat diburu hingga terbilang langka. Terutama beberapa karakter yang susah didapatkan. Bahkan tak heran Labubu membuat banyak orang rela antre panjang dan ikut dalam “war” atau perebutan untuk mendapatkannya.

Salah satu yang menarik perhatian terjadi saat sebuah akun X (Twitter) bernama @shan***. Ia tampak membagikan beberapa video dari platform TikTok yang memperlihatkan orang-orang sedang berburu Labubu dengan sedemkian gencarnya.

BACA JUGA: 4 Fakta Film Seni Memahami Kekasih, Patahkan Tren Marriage is Scary

BACA JUGA: Memahami Tren Marriage is Scary, Mengapa Pernikahan Terlihat Sangat Menakutkan?

Dalam salah satu video tersebut diperlihatkan bagaimana situasi orang-orang berdesakan di depan stan Pop Mart yang belum buka. Hingga terjadilah kekacauan karena stok Labubu yang habis. Situasi tersebut lalu menimbulkan kerusuhan.

Beberapa orang terlibat adu mulut karena kehabisan boneka yang mereka incar dan merasa dirugikan karena sudah menunggu lama. Kekacauan ini hampir dibawa ke jalur hukum. Tapi untung masalah tersebut bisa diselesaikan secara damai.

Lalu apasih Labubu itu? Mengapa Labubu menjadi viral hingga diburu banyak orang? Untuk Anda tahu. Labubu adalah boneka monster berbulu yang dijual oleh Pop Mart. Labubu punya bulu warna-warni, telinga panjang, gigi runcing, dan senyuman khas.
Boneka Labubu diciptakan oleh seniman asal Hong Kong, Kasing Lung, pada 2015. Ia terinspirasi oleh dongeng Nordik dan karakter seperti Smurfs. --popmart.com

BACA JUGA: 5 Tren Olahraga yang Lagi Hype Digandrungi Gen Z karena Bikin Sehat dan Asyik!

BACA JUGA: Tagar Grey Days 2024 Lagi Trending di X, Apa Sih Itu?

Boneka ini diciptakan oleh seniman asal Hong Kong, Kasing Lung, pada 2015. Ia terinspirasi oleh dongeng Nordik dan karakter seperti Smurfs. Selain Labubu, Kasing Lung juga membuat karakter lain dalam grup The Monsters.

Seperti Zimomo, Tycoo, dan Spooky. Pada 2019, Kasing Lung bekerja sama secara eksklusif dengan Pop Mart, perusahaan mainan dari Hong Kong. Kerja sama ini kemudian merilis seri boneka pertama Labubu yang dinamai The Forest Concert Series. 

Awalnya Labubu kurang dikenal dan tertutup oleh karakter Pop Mart lain. Namun, Labubu mulai mendapat perhatian lebih sejak perilisan seri Exciting Macaron pada Oktober 2023. Popularitas Labubu meningkat pesat setelah postingan Lisa Blackpink.

Dia menunjukkan koleksi macarons Labubu miliknya di Instagram pribadinya. Sontak hal ini membuat Labubu dikenal. Padahal Labubu sudah ada sejak 2015 dan dirilis dalam berbagai seri oleh Pop Mart, tapi karakter ini belum begitu terkenal.

Kategori :