Mengapa Yamaha Memilih Mesin V4 di Moto GP? Ini Rencana dan Dampaknya

Kamis 19-09-2024,15:18 WIB
Reporter : Bagus aji
Editor : Salman Muhiddin

HARIAN DISWAY - Selama bertahun-tahun, Yamaha dan Suzuki adalah satu-satunya tim yang masih setia menggunakan mesin empat silinder segaris di MotoGP. Kedua tim ini juga menikmati periode kesuksesan yang signifikan.

Suzuki meraih Kejuaraan Dunia 2020 bersama Joan Mir di musim yang terganggu oleh COVID-19, sementara Fabio Quartararo memenangkan gelar untuk Yamaha pada tahun 2021.

Namun, Suzuki mengundurkan diri dari MotoGP pada akhir tahun 2022, menjadikan Yamaha satu-satunya tim yang masih menggunakan konfigurasi mesin empat silinder segaris.

Sementara itu, Ducati, Aprilia, dan KTM telah beralih menggunakan mesin V4 dalam beberapa musim terakhir, memberikan mereka keunggulan nyata atas Yamaha, terutama dalam hal tenaga dan kecepatan tertinggi.

BACA JUGA:Kisah Mesin V4 Yamaha: Dari Era Kejayaan 1980-an ke Era Modern MotoGP

BACA JUGA:MotoGP 2024: Dari GP San Marino ke Sirkuit Mandalika dan Tantangan Transportasi Global

Dengan sebagian besar pabrikan MotoGP beralih ke mesin V4 dan peraturan baru yang akan diterapkan pada tahun 2027, perubahan ini mungkin menjadi faktor kunci dalam keputusan Yamaha untuk mengikuti tren mesin V4.

Dilansir dari Autosport, seorang sumber dari Yamaha mengonfirmasi di Misano bahwa proyek mesin V4 tidak hanya berjalan sesuai rencana tetapi juga telah berkembang pesat.

Sebagai latar belakang, Yamaha mendatangkan Luca Marmorini, mantan insinyur Ferrari dan Toyota di Formula 1, sebagai konsultan eksternal pada tahun 2022.

Marmorini, yang sebelumnya membantu mengoptimalkan unit tenaga motor Aprilia di MotoGP, menyarankan Yamaha untuk mempertimbangkan peralihan dari mesin empat silinder segaris ke konfigurasi V4.

Marmorini memahami keuntungan mesin V4, seperti tenaga, pengaturan waktu pengapian mesin Big Bang, penyeimbangan, efek giroskopik poros engkol, dan kemampuan menangani lintasan yang lebih rusak.

BACA JUGA:MotoGP San Marino Dimajukan Sejam, Sesuaikan Jadwal F1 GP Singapura

BACA JUGA:MotoGP 2027: Yamaha Siapkan Mesin V4 untuk Aturan Baru

Selain itu, cengkeraman yang diizinkan oleh ban Michelin terbaru memungkinkan sudut menikung motor hampir 70 derajat, yang sangat tidak sesuai dengan panjang poros engkol mesin empat silinder segaris Yamaha, yang diperpanjang oleh penggerak distribusi sentral tanpa memasang mesin terlalu tinggi di rangka.

Dengan bergabungnya Max Bartolini, yang sebelumnya merupakan tangan kanan Gigi Dall'Igna di Ducati Corse dan kini menjabat sebagai direktur teknis, Yamaha tengah menjalani transformasi signifikan untuk kembali bersaing seperti saat meraih kejuaraan 2021 bersama Quartararo.

Kategori :