Strategi yang masuk akal adalah memanfaatkan fleksibilitas Yamaha dalam sistem konsesi MotoGP. Quartararo dan Alex Rins telah menguji berbagai spesifikasi mesin tahun ini, meskipun tidak ada yang memenuhi harapan.
Dua tahun untuk menyempurnakan mesin V4 sebelum digunakan pada musim regulasi baru 2027 mungkin tidak singkat, tetapi jika dipersiapkan dengan baik, bisa dicoba mulai musim 2025.
BACA JUGA:MotoGP Misano: Perburuan Gelar Juara Ditentukan dari Sini!
BACA JUGA:Andrea Dovizioso Comeback Permanen ke MotoGP? Ini Jawabannya
Mungkin sebuah tim studi telah dibentuk untuk meninjau kembali mesin V4 masa lalu dan mengidentifikasi masalah yang ada saat itu.
Terkait ide-ide yang memotivasi perubahan konsep ini, serta menginventarisasi dua dekade pengalaman dengan mesin V4, analisis elemen demi elemen, masalah, dan manfaat dari perubahan arsitektur mesin ini akan dilakukan untuk melihat apakah beberapa di antaranya dapat diterapkan pada mesin empat tak saat ini.
Tidak diragukan lagi, ini adalah perubahan besar di dunia MotoGP. Pertanyaannya adalah, "Apakah Yamaha YZR-M2025 akan menjadi tiruan dari motor Aprilia RS-GP?" dan "Apakah ini cukup untuk meyakinkan Fabio Quartararo untuk tetap bersama tim tiga garpu tala?"
(Bagus Aji)