Masyarakat Antusias Nikmati Ibu Kota Baru, Ini Pesan OIKN

Sabtu 21-09-2024,21:01 WIB
Reporter : Taufiqur Rahman
Editor : Taufiqur Rahman

NUSANTARA, HARIAN DISWAY – Sudah hampir seminggu Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN di Kalimantan Timur membuka kunjungan untuk masyarakat umum. Antusiasme masyarakat tetap tinggi.

Pada kunjungan hari ke-6 atau Jumat, 22 September 2024, Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) melaporkan bahwa kunjungan masyarakat berlangsung dengan lancar. Meskipun begitu, pengunjung tetap haru mengikuti tata tertib kunjungan ke Nusantara.

Antusiasme ini tercermin dari komentar salah satu pengunjung asal Samarinda, Hendra yang menyatakan rasa bangganya dapat melihat langsung proses pembangunan ibu kota baru.

"Saya senang sekali bisa datang ke sini. Ini adalah pembangunan (Istana) pertama di Kalimantan yang sekaligus sebagai tempat rekreasi masyarakat. Nusantara benar-benar memberikan harapan baru bagi Indonesia. Semoga manfaat pembangunan ekonomi dan aspek lain yang positif bisa berkembang pesat di seluruh Indonesia," ujarnya.

BACA JUGA:Warga Nikmati IKN di Hari Pertama Dibuka Untuk Umum, Bisa Intip Proses Pembangunan

Staf Khusus Kepala Otorita IKN Bidang Komunikasi Publik sekaligus Juru Bicara Otorita IKN, Troy Pantouw, juga memberikan apresiasi terhadap tingginya minat masyarakat untuk berkunjung. "Antusiasme masyarakat yang begitu besar merupakan bukti nyata bahwa Nusantara mendapat tempat di hati rakyat Indonesia.


Pengunjung IKN turun dari bus listrik. Warga masyarakat dari berbagai daerah mengunjungi KIPP IKN yang tengah dibangun -OIKN-

Kami berharap kunjungan ini bisa memberikan pemahaman lebih mendalam tentang pembangunan yang sedang berlangsung, sekaligus menumbuhkan rasa bangga dan keterlibatan dalam perjalanan menuju Nusantara sebagai ibu kota masa depan," kata Troy.

Dengan tingginya minat masyarakat untuk mengunjungi IKN, Otorita IKN mengingatkan pentingnya mematuhi semua aturan yang berlaku selama kunjungan. Masyarakat diminta untuk mengikuti tata tertib yang telah ditetapkan, seperti menggunakan transportasi yang disediakan, menjaga kebersihan, serta mengikuti arahan Liaison Officer (LO) yang bertugas.

BACA JUGA:Keppres Pemindahan Ibu Kota Diteken setelah IKN Siap, Jokowi: Bisa Saya atau Pak Prabowo

Selain transportasi, sejumlah fasilitas umum seperti toilet juga telah disediakan untuk masyarakat yang mengunjungi Nusantara, baik di Rest Area maupun di sekitar Plaza Seremoni. Pengunjung dapat menanyakan detail lokasi toilet kepada LO yang bertugas.


Warga berpose di depan kompleks Kementerian Koordinator di KIPP IKN yang dibuka untuk pengunjung dari kalangan masyarakat umum-OIKN-

Pengunjung juga diminta untuk mematuhi seluruh peraturan dalam tata tertib yang tercantum di dalam Pedoman Kunjungan Masyarakat Umum ke Ibu Kota Nusantara termasuk larangan merokok, mulai dari area penjemputan di Rest Area hingga di dalam Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Dokumen panduan dan tata tertib dapat diakses melalui tautan https://ikn.go.id/PedomanKunjunganNusantara.

"Kami mengingatkan dengan tegas bahwa mulai dari titik awal keberangkatan di Rest Area dan di Simpang Trunen, pengunjung tidak diperbolehkan merokok, termasuk di dalam bis pengantar," tegas Troy.

Ia juga menyampaikan bahwa masyarakat yang ingin berkunjung bisa mendaftarkan diri secara gratis melalui aplikasi IKNOW dengan kuota sejumlah 300 orang perhari. Bilamana kuota sudah terpenuhi, maka masyarakat diperkenankan untuk memilih hari atau tanggal kunjungan yang masih tersedia di waktu mendatang. Hal ini dilakukan untuk menjamin keamanan serta kenyamanan para pengunjung.(*)

Kategori :