Eri-Armuji CalonTunggal, KPU Surabaya Tetap Gelar Debat Pilwali Surabaya 2024

Senin 23-09-2024,08:00 WIB
Reporter : Novia Herawati
Editor : Retna Christa

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di Kota Surabaya resmi menyuguhkan satu calon pasangan, yakni Eri Cahyadi-Armuji.

Pengumuman tersebut disampaikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya melalui rapat pleno penetapan paslon, Minggu, 22 September 2024.

"Hari ini, kami KPU Kota Surabaya telah menuntaskan rapat pleno penetapan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya tahun 2024," ujar Ketua KPU Kota Surabaya, Suprayitno.

BACA JUGA:Kampanye Kotak Kosong Tidak Dilarang, KPU Surabaya: Itu Hak Demokrasi

BACA JUGA:Resmi! Eri-Armuji Jadi Paslon Tunggal di Pilwali Surabaya 2024

Meski diisi calon tunggal, KPU Kota Surabaya tetap akan mengadakan sesi debat selama masa kampanye. Yakni 25 September sampai 23 November 2024.

"Kalau menilik pada PKPU kampanye yang ada, sehubungan dengan debat nantinya, ya tetap kita adakan," imbuh Nano, sapaan karibnya.


Ketua KPU Kota Surabaya Suprayitno memberikan surat keputusan penetapan paslon Pilwali Surabaya 2024 kepada LO Eri Cahyadi-Armuji, Minggu, 22 September 2024.-Novia Herawati-Harian Disway -

Kalau tidak ada lawan, apa yang didebatkan? Menurut Nano, sesi debat Pilwali Surabaya 2024 itu lebih ke penyampaian visi dan misi. Debatnya adalah "melawan" panelis.

"Jadi, sesi pertama pasangan calon memaparkan visi-misi dan program kerja kepada masyarakat," jelas Nano. "Nah, yang sesi kedua itu adalah pasangan calon menjawab pertanyaan yang disodorkan oleh para panelis," ucapnya.

Lebih lanjut, Nano mengatakan selama masa kampanye, debat dapat dilaksanakan maksimal tiga kali. Tergantung permintaan dari pasangan calon.

BACA JUGA:Fashion Show Pesona Batik Surabaya, Eri Cahyadi Ingin Motif Batik Khas Surabaya Mendunia

BACA JUGA:Eri Cahyadi Janji Tuntaskan Kendala Lahan Parkir di Teluk Lamong

Di sisi lain, KPU Kota Surabaya juga tetap menggelar pengundian nomor urut untuk pasangan calon dan kotak kosong.

Mekanismenya, urutan nomor paslon adalah 1 dan 2. Pengundian digelar hari ini, Senin, 23 September 2024 di salah satu hotel di kawasan Gubeng, Surabaya.

Kategori :