Pilgub Jatim Cerminan Pilpres, Tiga Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Puas Nomor Urut

Senin 23-09-2024,22:52 WIB
Reporter : Michael Fredy Yacob
Editor : Noor Arief Prasetyo

TIGA pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jatim yang bertarung di Pilgub Jatim 2024 sudah mendapatkan nomor urut. Hasilnya cukup unik. Tanpa disengaja. 

Nomor urutnya sangat mencerminkan Pilpres Februari 2024 lalu. Calonnya juga hanya ada tiga. Bedanya, di Pilgub Jatim calonnya perempuan semua. Tiga Srikandi yang punya rekam jejak di perpolitikan Tanah Air. Partai pengusungnya pun relatif sama. Dan pengambilan itu dilakukan di depan banyak orang. Relawan masing-masing pasangan calon.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) saat di pilpres mengusung pasangan Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar yang mendapat nomor urut satu. 

Kondisi yang sama juga terjadi di Pilgub Jatim. Pasangan Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim juga mendapat nomor urut satu. Minus Nasdem dan PKS. Sebab, dua partai itu memberikan dukungan kepada Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak.

BACA JUGA:KPU Tetapkan Khofifah, Risma, dan Luluk Maju di Pilgub Jatim, Besok Undi Nomor Urut!

BACA JUGA:Luluk-Lukman Minta Restu ke Gus Ali, Siap Rebut Hati Warga di Pilgub Jatim 2024

Pasangan petahana tersebut didukung oleh partai-partai yang mengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ada 14 partai yang memberikan dukungan kepada pasangan Khofifah-Emil. Sembilan partai Koalisi Indonesia Maju (KIM). Ditambah, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Buruh, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN). 

Pasangan tersebut juga mendapatkan nomor urut dua. Sama seperti capres dan cawapres terpilih: Prabowo-Gibran. 

Sementara, Tri Rismaharini- Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans) yang diusung PDI Perjuangan, Hanura, dan Partai Ummat mendapat nomor urut tiga. Sama seperti Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres lalu.

BACA JUGA:Sesuai Harapan, Khofifah-Emil Nomor Urut Dua

BACA JUGA:Konsolidasi PDI Perjuangan Kota Batu: Target Kemenangan KD-Dewa dan Risma-Gus Hans 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan nomor urut itu untuk digunakan oleh setiap paslon. Penetapan itu dilakukan dalam rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut Pilgub Jatim, di Hotel Grand Mercure Surabaya, Senin 23 September 2024.

Usai penetapan itu, teriakan para relawan ketiga pasangan calon pun meledak. Saling sindir pun tak terhindarkan lagi. “Resik-resik fufufafa,” teriak pendukung dan relawan Tri Rismaharini-Gus Hans. Teriakan dengan kalimat serupa juga diteriakkan relawan Luluk Nur Hamida-Lukmanul Khakim.

Sindiran itu pun langsung dibalas salawat oleh relawan dan pendukung pasangan nomor urut dua Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak. “Khofifah-Emil lanjutkan dua periode,” teriak mereka lagi.

Kategori :