Alberto Puig Tinggalkan Honda, Francesco Guidotti Jadi Kandidat Pengganti di HRC

Rabu 25-09-2024,08:54 WIB
Reporter : Bagus aji
Editor : Salman Muhiddin

POPLINE.ID - Line-up pembalap MotoGP 2025 sudah lengkap, tetapi bursa manajer tim sedang ramai setelah kejadian di Misano.

Terjadi perombakan besar di struktur dua tim penting di paddock MotoGP, yakni tim pabrikan Honda dan KTM yang akan menyusun ulang struktur tim mereka.

Alberto Puig, manajer tim Repsol-HRC, kabarnya akan segera meninggalkan Honda pada akhir musim ini. Sementara itu, Francesco Guidotti, yang selama ini menjabat sebagai direktur tim Red Bull-KTM Factory, dikabarkan sangat dekat untuk menggantikan posisi Puig.

Alberto Puig, mantan pembalap grand prix 500cc, pensiun pada 1997 dan kemudian menjadi pencari bakat balap yang sangat disegani. Honda pun mempercayakannya sebagai Direktur Asia Talent Cup dan British Talent Cup dari 2014 hingga 2017.

BACA JUGA:Repsol Honda Siap Tampil di GP Indonesia Usai Hasil Impresif di San Marino

BACA JUGA:GP Emilia Romagna: Enea Bastianini Persembahkan Kemenangan ke-100 Buat Ducati, Pecco Apa Kabar?

Setelah itu, Puig ditunjuk oleh pabrikan Jepang tersebut untuk memimpin Honda Racing Corporation (HRC) sejak 2018.

Puig adalah sosok penting di balik kesuksesan Honda meraih gelar juara MotoGP 2018-2019, dan masa jabatannya akan berakhir pada akhir tahun ini.

Menurut informasi yang dilansir oleh akun Mr Helmet, keputusan ini dipicu oleh hasil mengecewakan pabrikan Jepang, baik di MotoGP maupun di World Superbike.

Kepergian Marc Marquez pada akhir 2023, mundurnya Repsol di akhir musim ini, serta belum membaiknya performa RC213V, tampaknya semakin memperkeruh suasana.

Revolusi besar ini juga dikabarkan akan berdampak pada struktur tim balap di World Superbike dan MotoGP. Di World Superbike, seluruh tim Spanyol dikabarkan akan dipindahkan, dan departemen Honda Inggris akan mengambil alih pengelolaan tim tersebut.

Di MotoGP, HRC tengah merencanakan pembangunan markas baru di Eropa yang khusus menangani MotoGP.

Di sisi lain, Francesco Guidotti juga akan segera lengser dari posisinya sebagai manajer tim Red Bull KTM Factory pada akhir musim ini.

Di sinilah kedua cerita tersebut berpotensi beririsan, di mana Francesco Guidotti menjadi salah satu kandidat kuat pengganti Alberto Puig. Namun, tim Red Bull KTM Factory tidak akan memilih Puig, karena mereka sudah menyiapkan kandidat internal.

Sedikit mundur ke belakang, Guidotti memiliki sejarah apik dengan KTM. Ia sukses memimpin tim di kelas 125cc dan 250cc dari 2006 hingga 2009, sebelum pindah ke World Superbike selama dua musim.

Kategori :