Pergerakan Paddock MotoGP: Aprilia Rekrut Fabiano Sterlacchini, Albesiano Gabung HRC

Jumat 04-10-2024,17:30 WIB
Reporter : Bagus aji
Editor : Salman Muhiddin

HARIAN DISWAY - Pergerakan di paddock MotoGP semakin menarik dengan perubahan signifikan di jajaran direktur teknik tim pabrikan terkemuka. Aprilia Racing resmi menunjuk Fabiano Sterlacchini sebagai Direktur Teknik baru, menggantikan Romano Albesiano yang akan pindah ke Honda Racing Corporation (HRC) mulai 2025.

Langkah itu menandai strategi penting kedua tim dalam meningkatkan performa dan daya saing di musim mendatang.

Awalnya, Fabiano Sterlacchini dikabarkan akan bergabung dengan HRC di akhir musim.

Setelah bertemu dengan beberapa petinggi pabrikan asal Jepang tersebut, pada Jumat (4/10), ia resmi diperkenalkan di seri MotoGP di Sirkuit Motegi, Jepang, untuk mengambil alih posisi yang sebelumnya ditempati oleh Romano Albesiano di tim pabrikan asal Noale, Italia.

Rumor tentang pensiunnya Romano Albesiano ternyata tidak benar. Albesiano akan mengikuti langkah anak didiknya di Aprilia, Aleix Espargaro, yang akan menjadi pembalap uji HRC mulai 2025.

BACA JUGA:Bagnaia Kuasai Latihan Bebas MotoGP Jepang 2024, Ini Hasil Lengkapnya!

BACA JUGA:Marc Marquez Akui Harapanya Juarai MotoGP 2024 Telah Berakhir

Albesiano akan berperan sebagai Direktur Teknik HRC, menggantikan Ken Kawauchi, dan bertanggung jawab atas pengembangan tim penguji motor RC213V versi terbaru.

"Aprilia Racing dengan bangga mengumumkan bahwa Fabiano Sterlacchini akan mengambil alih posisi Direktur Teknik mulai 18 November 2024. Kehadiran Fabiano adalah langkah penting dalam memperkuat proyek MotoGP, setelah penandatanganan dua pembalap muda berbakat, Jorge Martin dan Marco Bezzecchi," bunyi pernyataan resmi Aprilia Factory MotoGP.

Seperti halnya perekrutan Jorge Martin, Aprilia Factory MotoGP ingin menjadi yang terdepan dalam persaingan dan mengumumkan kedatangan Sterlacchini sebelum kepergian salah satu anggota kunci organisasi balap mereka.

Albesiano dan Era Baru HRC

Romano Albesiano memulai kariernya di pabrikan Cagiva dengan motor 500 2-tak, kemudian beralih ke MV Agusta, sebelum akhirnya bergabung dengan grup Piaggio. Pengalaman luasnya dalam mengelola Departemen Teknis Balap menjadikannya salah satu arsitek kembalinya Aprilia ke MotoGP.

Sebelum kehadiran Massimo Rivola, Albesiano sempat menjabat sebagai Direktur Teknik dan Kepala Tim di Aprilia selama beberapa tahun. Perekrutan Albesiano di divisi teknis HRC ini sejalan dengan langkah Yamaha, yang sebelumnya merekrut Max Bartolini di akhir musim lalu.

BACA JUGA:Miguel Oliveira Kecelakaan di Sirkuit Mandalika, Terancam Absen di Sisa Musim

BACA JUGA:Profil Aki Ajo, Manajer Tim KTM Musim Depan yang Pernah Lahirkan Marc Marquez

"Honda dengan bangga mengumumkan penunjukan Romano Albesiano sebagai Direktur Teknik. Mulai awal 2025, Albesiano akan memimpin proyek MotoGP dan pengembangan RC213V. Pria asal Italia ini memiliki pengalaman lebih dari tiga dekade dalam pengembangan motor balap, setelah menghabiskan 11 tahun di Aprilia sebagai bagian dari divisi MotoGP," demikian bunyi pernyataan HRC.

Kategori :