Hari Hewan Sedunia 4 Oktober: Sejarah, Tujuan dan Tema Peringatan 2024

Jumat 04-10-2024,00:39 WIB
Reporter : Jessica Laurent
Editor : Heti Palestina Yunani

HARIAN DISWAY - Setiap 4 Oktober, masyarakat dunia memperingati Hari Hewan Sedunia atau World Animal Day. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran global tentang pentingnya kesejahteraan hewan sebagai makhluk hidup.

Momen ini menjadi pengingat penting bagi kita tentang peran dan tanggung jawab manusia terhadap makhluk hidup lain yang juga menghuni bumi. Berbagai kegiatan diadakan dalam perayaan ini meskipun di Indonesia belum marak.

Ada yang melakukan dari kampanye advokasi untuk perlindungan hewan hingga aksi konkret seperti adopsi dan perawatan bagi hewan-hewan yang memerlukan bantuan. Lantas, apa yang melatarbelakangi peringatan ini ya? 

BACA JUGA: DPKP Surabaya Sudah Tangani 1.077 Peristiwa Darurat, Paling Banyak Evakuasi Hewan

Sejarah Hari Hewan Sedunia

Hari Hewan Sedunia pertama kali dicetuskan oleh Heinrich Zimmermann, seorang penulis dan penerbit majalah Mensch und Hund (Man and Dog). Perayaan pertamanya digelar pada tahun 1925 di Berlin, Jerman.

Tanggal 4 Oktober dipilih karena bertepatan dengan hari peringatan Santo Fransiskus dari Assisi, pelindung hewan yang terkenal dengan sikap kasihnya terhadap semua makhluk hidup.

Selain sebagai penghormatan terhadap Santo Fransiskus, Hari Hewan Sedunia juga menjadi momentum penting bagi para pecinta hewan, aktivis, dan ahli ekologi untuk menyoroti masalah-masalah yang dihadapi oleh spesies yang terancam punah.

BACA JUGA: Kasus Nyoman Sukena: Perlunya Edukasi dan Pendekatan Bijak dalam Menangani Hewan Dilindungi

Sejak 2003, acara ini didukung oleh Naturewatch Foundation, organisasi amal yang berbasis di Inggris, yang mengajak masyarakat global untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan demi meningkatkan kesadaran akan kesejahteraan hewan.

Peringatan ini tidak hanya diperuntukkan bagi hewan peliharaan, tetapi juga untuk memperhatikan nasib hewan liar, spesies yang hampir punah, serta mereka yang terdampak oleh kerusakan lingkungan atau kekurangan perlindungan.

Momen ini mengingatkan kita untuk menghargai semua hewan yang menjadi bagian integral dari keseimbangan ekosistem bumi, menginspirasi aksi nyata dalam melindungi dan melestarikan makhluk hidup lainnya.

BACA JUGA: Hari Ini Kesaktian Pancasila 1 Oktober Diperingati, Apa Bedanya dengan Hari Lahir Pancasila 1 Juni?

Tujuan Peringatan Hari Hewan Sedunia

Peringatan Hari Hewan Sedunia, yang jatuh setiap tanggal 4 Oktober, memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kesadaran global tentang pentingnya perlindungan, kesejahteraan, dan hak-hak hewan. Adapun beberapa tujuan lain dari peringatan ini, yakni:

Kategori :