PT Alfa Viktori Familia Gigih Dampingi UMKM untuk Upgrade Penjualan

Sabtu 12-10-2024,08:00 WIB
Reporter : Michael Fredy Yacob
Editor : Guruh Dimas Nugraha

Persaingan bisnis di dunia kosmetik saat ini lagi berat. Banyak brand dari luar negeri masuk ke Indonesia. Kondisi ini pun mengancam brand lokal. Apalagi merek yang kelasnya masih UMKM. Untuk membantu UMKM bertahan, PT Alfa Viktori Familia banyak mendampingi UMKM tersebut.

Kondisi persaingan brand-brand kosmetik dari luar negeri mendorong PT Alfa Viktori Familia untuk membantu merek kosmetik lokal. Khususnya para pemain baru yang usahanya belum atau sedang bertumbuh. Targetnya, para pelaku UMKM itu bisa upgrade dari sisi penjualan.

“Kami bantu. Kami juga punya produk kosmetik bernama Salsa. Kami mengajarkan semuanya pada mereka. Mulai dari packaging, cara promosi, dan segala macam,” kata Direktur Utama PT Alfa Viktori Familia Alvito Verick Fransen, Jumat 11 Oktober 2024.

BACA JUGA:Cipto Suwarno Kurniawan, Bersama Ayumie Sukses Rambah Pasar Modern

Tindakan itu juga sesuai dengan arti dari nama perusahaan mereka. Alfa berarti pemimpin. Viktori artinya kemenangan, dan Family artinya keluarga. “Mereka itu, para UMKM itu, saya anggap keluarga. Kami harus bisa menang bersama,” ucapnya.

Baginya, semua brand lokal yang dibantu oleh PT Alfa Viktori Familia itu bukan lawan. Bukan pesaing. Karena itu, ia tidak segan untuk membeberkan sistem pemasaran yang dilakukan oleh Salsa kepada produk-produk lokal di bawah binaan perusahaan yang berdiri sejak 1989 itu.

“Sebab, kami tahu bahwa lawan kami itu bukan brand dari Indonesia. Tetapi merek dari luar. Sehingga kami fokus bersama-sama membangun brand lokal. Sudah banyak brand lokal yang kami bina. Ada sekitar 250 brand lebih di seluruh Indonesia,” bebernya.

BACA JUGA:Cipto Suwarno Kurniawan dan Ayumie, Proses Panjang Formulasi Mi Instan Sehat


PT Alfa Viktori Familia Gigih Dampingi UMKM untuk Upgrade Penjualan. Direktur Utama PT Alfa Viktori Familia Alvito Ferick Fransen sedang melihat dokumentasi perusahaannya yang dirilis dari nol.-Dinar Mahkota Prameswari-HARIAN DISWAY

Vito pun sering berbagi pengalaman yang pernah dirasakan oleh perusahaan yang dipimpinnya itu. Kisah keterpurukan perusahaan, sampai akhirnya bisa bangkit lagi seperti saat ini. Sehingga para brand lokal itu bisa kuat, punya daya saing dengan brand luar.

Menurut Vito, kunci utama kesuksesan itu adalah adaptasi dan pantang menyerah. Keduanya tidak bisa terpisahkan. Itu pula yang telah ditanamkan sejak dini, yang menjadi kunci kesuksesan PT Alfa Viktori Familia. Baginya, percuma pantang menyerah, tetapi tidak melihat perkembangan dunia saat ini.

“Seperti halnya pemasaran. Kami harus mengikuti perkembangan zaman. Saat ini, apa saja yang dilakukan oleh dunia? Cara apa saja yang harus dilakukan untuk memasarkan produk yang dijual agar bisa cepat sampai ke konsumen? Itu yang harus diperhatikan,” bebernya.

BACA JUGA:Perjalanan Panjang PT Alfa Viktori Familia, Jatuh Bangun Raih Kesuksesan

Ia pun menceritakan produk pertama yang dibangun oleh Salsa. Saat ini, produk itu menjadi produk terlaris dari semua produk kosmetik yang dimiliki oleh Salsa. Produk itu adalah perontok daki. Itu produk yang dibuat saat pertama kali kedua orangtuanya membuat pabrik kosmetik. Yakni pada 2005 silam.

“Bayangkan saja, itu produk pertama dari pabrik kami. Sudah ada sekitar 20 tahunan. Tapi baru viral sekarang. Bahkan menjadi produk kosmetik terlaris saat ini. Butuh waktu panjang untuk bisa mengenalkan brand itu,” tegasnya.

Kuncinya adalah teknik pemasaran melalui sosial media. Mereka memanfaatkan platform digital untuk melakukan penjualan. Serta memanfaatkan figur-figur terkenal. Seperti artis sosial media atau influencer dan artis nasional.

Kategori :