7 Fakta Seru Jeongnyeon: The Star is Born, Drama Musikal yang Dibintangi Kim Tae Ri

Sabtu 12-10-2024,09:00 WIB
Reporter : Eka Wahyu Muria Ningsih*
Editor : Retna Christa


Kim Tae Ri still cut--tvN

Jeongnyeon: The Star is Born mengisahkan tentang perjalanan Yoon Jeonnyeon, gadis mikin yang memiliki bakat menyanyi. Khususnya pansori (genre nyanyian tradisional).

Gadis desa berambut pendek itu terpukau oleh sebuah gukgeuk (pertunjukan opera) yang disaksikan oleh para pembesar dan pejabat negara. Orang-orang elite dan memahami seni memenuhi gedung elite yang menampilkan kisah-kisah klasik terbaik.

Dia pun bermimpi untuk menjadi pemain gukgeuk. Maka, sepanjang hari dia berlatih menyanyi, menerima penolakan dan cibiran, latihan lagi, dicekal dan dihalangi, dan latihan lagi. Dia terus berlatih, sampai akhirnya bisa menjadi penyanyi sungguhan. 

Dengan plot seperti itu, tak mengherankan kalau drakor ini mengusung genre musikal. Akan banyak sekali musik yang mengiringi, dan sebagian dinyanyikan sendiri oleh para pemainnya. Wow!

Faktanya, saat masih berupa webtoon, kisah Jeongnyeon ini pernah diangkat menjadi pertunjukan changgeuk. Suatu pementasan opera Korea yang berkembang dari kesenian pansori.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Drakor Yang Dibintangi Go Min Si Selain The Frog

BACA JUGA:Selain Love Next Door, Ini 5 Rekomendasi Drama yang Dibintangi Jung So Min

3. Usaha Kim Tae Ri


Kim Tae Ri still cut--tvN

Sebagai upaya untuk mendalami karakter sebagai Jeong-nyeon, Kim Tae Ri mempelajari dan menguasai banyak hal. Bahkan dia harus berlatih menyanyi dan menari sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Karena Jeongnyeon memiliki keahlian pansori, aktris 34 tahun itu pun menjalani pelatihan vokal sejak April 2021. Tak hanya suara, tapi dia juga melatih koreografi yang biasanya ditampilkan pada pertunjukan gukgeuk.

Kim Tae Ri juga mempelajari dialek kampung halaman Jeongnyeon, Mokpo. Dia juga sempat berkunjung ke sana untuk mendalami kepribadian gadis tersebut. Bentuk dedikasi yang total, bukan?

BACA JUGA:5 Rekomendasi Drakor Healing yang Ringan dan Lucu, Ada yang dibintangi Kim Seon Ho!

BACA JUGA:5 Rekomendasi Drakor yang Second Leadnya Bisa Bikin Oleng, Duo Han Jadi Kasta Teratas!

4. Latar waktu era 1950-an


Kim Tae Ri sebagai Yoon Jeong Nyeon --tvN

Salah satu yang membuat pemirsa tak sabar untuk menonton series ini adalah latar waktu yang diambil. Jeongnyeon: The Star is Born mengangkat setting dekade 1950-an.

Kategori :