Hungaria vs Belanda 1-1: Virgil Van Dijk Kena Kartu Merah, Denzel Dumfries Jadi Penyelamat

Sabtu 12-10-2024,05:09 WIB
Reporter : Muhammad Farrel Radia*
Editor : Retna Christa

Namun, meski terlihat lebih banyak menyerang, serangan Belanda tidak terlalu efektif dan kesulitan menembus pertahanan rapat tuan rumah.

Pada menit ke-32, Hungaria justru mengejutkan Belanda dengan mencetak gol lebih dulu. Umpan mendatar dari Zsolt Nagy berhasil diselesaikan oleh Roland Sallai dengan tendangan keras ke sudut atas gawang Bart Verbruggen.


Selebrasi penyerang Hungaria, Roland Sallai, saat mencetak gol ke gawang Belanda. Sabtu, 12 Oktober 2024--Instagram @euro2024

Gol tersebut membuat Hungaria unggul 1-0, dan skor bertahan hingga babak pertama berakhir.

BACA JUGA:Zirkzee Tampil Gemilang, Ronald Koeman Puas Dengan Kemenangan 5-2 Belanda Atas Bosnia

BACA JUGA:Profil Joey Pelupessy: Pemain Keturunan Maluku-Belanda yang Ngebet Bela Timnas Indonesia

Memasuki babak kedua, Belanda terus mencoba membalas. Ronald Koeman memasukkan pemain yang memiliki inisiatif menyerang seperti Guus Til, Brian Brobbey, dan Donyell Malen  untuk meningkatkan daya gedor timnya. 

Meski begitu, upaya Belanda belum membuahkan hasil yang diharapkan.

Petaka menghampiri Belanda saat kapten tim, Virgil van Dijk, diusir keluar lapangan setelah menerima kartu kuning kedua pada menit ke-79.

Ia mendapatkan hukuman itu karena memprotes keputusan wasit Lukas Fahndrich. Yang tidak memberikan hadiah buat Belanda setelah pemain Hungaria melanggar Donyell Malen.

BACA JUGA:Kronologi Penalti Kontroversial Inggris Lawan Belanda

BACA JUGA:Rapor Pemain Inggris Pasca Tekuk Belanda 2-1: Jude Bellingham Terendah!

"Momentum itu bikin frustrasi banget," kata Ronald Koeman kepada NOS. "Aku enggak paham. Kupikir kita semua sepakat bahwa kapten boleh protes kepada wasit," ucapnya kesal.


Hungaria vs Belanda 1-1: Virgil van Dijk dikartu merah, Denzel Dumfries jadi penyelamat. Foto: Van Dijk berdebat dengan wasit sebelum diusir, 12 Oktober 2024. -Attila Kisbenedek-AFP

"Pelanggaran terhadap Malen itu cukup buat diberi kartu merah. Karena sama sekali enggak ada intensi dari pemain lawan untuk memainkan bola. Eh, malah Virgil mendapatkan kartu (kuning) kedua," papar Koeman.

Dengan hanya 10 pemain di sisa waktu pertandingan, Belanda berada dalam tekanan. Namun, tim tamu tidak menyerah. Di menit ke-83, mereka akhirnya berhasil menyamakan kedudukan.

Kategori :