Prabowo Lantik Menteri 21 Oktober, Ini Bocorannya!

Minggu 13-10-2024,13:14 WIB
Reporter : Mohamad Nur Khotib
Editor : Mohamad Nur Khotib

HARIAN DISWAY - Presiden terpilih Prabowo Subianto dikabarkan bakal melantik para menterinya pada 21 Oktober 2024. Tepat sehari setelah dirinya dilantik sebagai presiden.

Kabar itu justru diungkap oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bahkan, secara khusus meminta masyarakat untuk bersabar menunggu terkait nama-nama yang akan masuk kabinet.

"Nanti tunggu saja hari Senin, seminggu lagi, menterinya akan dilantik,” papar Jokowi di Forum CEO 100 Kompas, di Istana Garuda, IKN, dikutip Minggu, 13 Oktober 2024.

BACA JUGA:Susunan Menteri Kabinet Prabowo Rampung 3 Hari Lagi

BACA JUGA:PKB Beri Sinyal Dapat Jatah Menteri di Kabinet Prabowo

Bahkan, jika mau tahun siapa saja yang masuk daftar menteri kabinet Prabowo, Jokowi menyarankan untuk menanyakan langsung kepada Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyatakan bahwa daftar nama menteri dalam kabinet pemerintahan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, akan ditentukan 5 hari sebelum pelantikan.

Itu sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan sebelumnya. "Masih sesuai timeline," kata Dasco kepada wartawan di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, dikutip Sabtu, 12 Oktober 2024.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan akan dilantik pada tanggal 20 Oktober 2024, dengan begitu artinya penetapan menteri kabinet Prabowo - Gibran akan rampung pada 15 Oktober 2024. Alias dua hari lagi. 

BACA JUGA:Respons Gibran soal Kader PDIP Dapat Jatah Menteri

Namun, Dasco belum bisa memastikan mengenai proses dan tempat pemanggilan menteri. Tetapi, menurutnya, pemanggilan menteri ini akan terlaksana di kediaman Prabowo di, Kartanegara, Jakarta Selatan, atau Hambalang, Bogor, Jawa Barat. 

Ia juga menyampaikan bahwa calon menteri dalam kabinet Prabowo-Gibran harus menjalani serangkaian uji kepatutan dan kelayakan. 

"Pertama-tama, mereka akan diminta untuk mengisi biodata, kemudian melakukan profiling, dan selanjutnya proses finalisasi. Akan ada semacam tes fit and proper," ujarnya 

Dasco menjelaskan bahwa Prabowo akan mengadakan pertemuan langsung dengan para calon menteri untuk proses finalisasi.

Meskipun tim telah melakukan beberapa tahap uji, Prabowo tetap ingin bertemu langsung dengan calon menterinya.

Kategori :