Respon FIFA Soal Kontroversi Wasit Bahrain vs Indonesia, Ahmed Al Kaf Dihukum?

Minggu 13-10-2024,13:04 WIB
Reporter : Agustinus Fransisco
Editor : Salman Muhiddin

Harian Disway menemukan bahwa video yang digunakan dalam unggahan itu sebenarnya berasal dari konteks lain.

Di video itu Gianni Infantino sedang berbicara tentang sepak bola di Meksiko, bukan tentang laga Indonesia vs Bahrain. Jadi, jelas bahwa video tersebut adalah hoaks.

BACA JUGA:Tak Hanya Timnas Indonesia, Wasit Kontroversial Ahmed Al Kaf Juga Pernah Rugikan Thailand

Respon dari PSSI dan FIFA Soal Kontroversi Wasit Ahmed Al Kaf 


Momen Papa Shayne Pattynama Ngamuk Usai Timnas Indonesia Dikerjain Ahmed Al Kaf-Screenshoot/YouTube-

Pasca pertandingan, PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) menyampaikan kekecewaannya terhadap keputusan wasit asal Oman, Ahmed Abu Bakar Said Al-Kaf.

Ia dinilai memberikan keputusan yang merugikan Indonesia. Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga, mengatakan bahwa PSSI berencana mengajukan surat protes resmi kepada FIFA. 

Surat itu berisi protes PSSI tambahan waktu yang dianggap terlalu lama hingga Bahrain bisa mencetak gol penyeimbang.

BACA JUGA:Update Ranking FIFA Timnas Indonesia dan Klasemen Kualifikasi Piala Dunia, Masih Bisa Lolos!

"Kami sangat kecewa dengan kepemimpinan wasit, terutama soal tambahan waktu yang terlalu panjang hingga akhirnya Bahrain mencetak gol di menit-menit akhir," ujar Arya Sinulingga kepada awak media.

Meski begitu, berdasarkan aturan dari Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB), keputusan wasit terkait hal-hal yang terjadi dalam pertandingan, termasuk sah atau tidaknya gol, serta hasil pertandingan, bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

FIFA juga menyatakan bahwa mereka tidak memiliki wewenang untuk membatalkan hasil pertandingan kecuali ada bukti yang sangat kuat tentang adanya manipulasi atau pelanggaran serius.

BACA JUGA:Paul Munster Beri Pesan Khusus Buat Malik Risaldi Saat Starter di Timnas Indonesia

FIFA Belum Respon Protes PSSI 


WHAT'S next? Inilah yang menanti Indonesia setelah lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia. Foto: Gianni Infantino dengan trofi Piala Dunia.-FIFA-

Hingga kini FIFA belum memberikan pernyataan resmi terkait protes yang diajukan oleh PSSI. Namun, mereka tetap akan meninjau laporan yang masuk sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Kategori :