Emil Jadi Pembicara di Relawan Respek Indonesia Siaga

Selasa 15-10-2024,18:50 WIB
Reporter : Michael Fredy Yacob
Editor : Noor Arief Prasetyo

HARIAN DISWAY - Relawan Respek Indonesia Siaga menghadirkan Emil Elestianto Dardak dalam rapat kerja (Raker) di Moscha Hotel Surabaya. Kehadirannya wakil gubernur Jatim periode 2018-2024 ini hadir bukan untuk kampanye. Melainkan menjadi narasumber.

Relawan yang terbentuk sejak 2021 ini ingin mengetahui perspektif pemerintahan tentang penanganan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Targetnya, mereka ingin ojek online mendapatkan kehidupan yang sejahterah. Serta jaminan kesehatan.

“Rekan-rekan di sini ingin dalam raker ini mendapatkan perspektif pihak yang tentunya dianggap berpengalaman dalam pemerintahan. Serta organisasi,” kata Emil saat ditemui usai menjadi narasumber dalam raker tersebut, Minggu, 13 Oktober 2024.

Ia pun mengakui, saat ini dirinya bergabung di salah satu organisasi yang fokus bergerak di bidang pemukiman. “Kami merasa bangga karena yayasan Respek Indonesia Siaga ini beranggotakan relawan-relawan yang siap untuk masyarakat,” bebernya.

BACA JUGA:2.500 Emak-Emak PKS Siap Jadi Jurkam Menangkan Khofifah-Emil

BACA JUGA:Ratusan Pendeta se-Jatim Bikin GMSK, Mantap Menangkan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

Bahkan menurutnya, relawan ini mau mengurus segala hal berkaitan dengan kemaslahatan orang banyak. Salah satunya dari sisi kesehatan. Walaupun sebenarnya negara sudah hadir dalam beberapa program yang telah dilakukan. Seperti, jaminan sosial ketenagakerjaan dan kesehatan.

“Tetapi prosedur untuk mengurus segala sesuatunya sering kali sulit ditempuh bagi orang yang mengalami kedukaan dan kemalangan,” kata Emil. Sehingga, relawan ini turun langsung membantu masyarakat yang membutuhkan itu. Karena mereka memahami.

Relawan ini pun telah menjalin kerjasama strategis dengan beberapa lembaga. Kondisi itu pun membuat akses yang lebih mudah. “Sehebat-hebatnya sebuah sistem, selalu ada yang kemudian perlu disempurnakan dengan partisipasi masyarakat,” tegasnya.

“Beberapa hal yang bisa lolos dari sistem, bisa ditangkap melalui kehadiran relawan seperti ini. Dulu saya pernah rasakan saat bersama mas Ipin di Trenggalek. Kita membuat pasukan Pin dan posko gertak,” bebernya.

Relawan ini juga menggabungkan antara kepedulian masyarakat untuk membantu pemerintah menetapkan sasaran yang lebih tepat. “Sasaran untuk menyalurkan bantuan atau memberikan pendampingan bila ada yang butuh berobat,” katanya lagi. 

BACA JUGA:Relawan Sedulur Rikho Targetkan Khofifah-Emil Menang 70 Persen

BACA JUGA:Pandu Arah Baru Jakarta, Ketua KPU Tegaskan Visi dan Misi sebagai Kunci Pemilih yang Cerdas

Emil pun mengaku relawan Respek Indonesia Siaga merupakan contoh yang bagus. Bahkan, ia menyebut bahwa relawan ini harus menjadi mitra resmi strategis pemerintah daerah.

Founder RESPEK Indonesia Rori Mauludi mengatakan, relawan itu memang bisa secara masif membantu menjalankan berbagai program kerja pemerintah. “Semoga nanti kita ada support terkait dengan hadirnya pemerintah dalam program-program kesejahteraan maupun kesehatan kepada masyarakat pada umumnya,” katanya.

Kategori :