Protes PSSI Soal Wasit Ahmed Al-kaf Ditolak AFC, Kok Bisa? Sumardji: Ini Agak Aneh!

Kamis 17-10-2024,10:00 WIB
Reporter : Agustinus Fransisco
Editor : Gunawan Sutanto

HARIAN DISWAY - AFC dikabarkan menolak protes yang diajukan PSSI terkait kinerja wasit Ahmed Al-kaf di laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Timnas Indonesia dan Bahrain.

Manajer Timnas Indonesia, Sumardji, mengonfirmasi kabar itu. PSSI sebelumnya melayangkan protes karena menilai Ahmed Al-kaf, tidak menjalankan tugasnya dengan baik. 

Saat memimpin pertandingan Bahrain vs Indonesia, wasit asal Oman itu tampak berat sebelah, yakni menguntungkan Bahrain. PSSI pun mengirik protes, tidak hanya ke AFC, tapi juga ke FIFA.

BACA JUGA:Takut Lawan Timnas Indonesia? Bahrain Minta Pindah Venue Laga ke Luar RI

Protes PSSI Ditolak AFC


Jelang Lawan Vietnam, Sumardji Beberkan Beberapa Pemain Timnas Indonesia Masih Demam-PSSI-

"Tadi siang, saya menerima surat balasan dari AFC terkait protes yang kami kirimkan. AFC mengatakan bahwa protes kami diterima, tapi untuk klarifikasi lebih lanjut, kami harus menyampaikan keluhan itu ke FIFA," terang Sumardji. 

Yang membuat heran, meskipun PSSI sudah mengirimkan surat ke FIFA, balasan yang diterima justru meminta mereka mengajukan protes tersebut ke AFC.

"Ini agak aneh, karena FIFA malah meminta kami untuk menghubungi AFC. Kami sudah kirim ke FIFA, tapi tetap diminta kembali ke AFC," kata Sumardji menambahkan.

BACA JUGA:Timnas Indonesia Dibekuk Tiongkok 2-1, Shin Tae-yong Mengaku Salah

Kontroversi Wasit Ahmed Al-kaf di Laga Bahrain vs Indonesia


Kontroversi wasit Ahmed Al Kaf dalam laga Bahrain vs Timnas Indonesia.--Instagram @bolanusantara

Protes itu berawal dari pertandingan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026, ketika Timnas Indonesia hampir meraih kemenangan perdananya melawan Bahrain.

Saat itu, Indonesia unggul 2-1 hingga menit-menit akhir pertandingan. Namun, masalah muncul saat wasit Ahmed Al-kaf memberikan tambahan waktu.

Wasit keempat menunjukkan tambahan waktu selama 6 menit, tapi Ahmed Al-kaf baru meniup peluit tanda akhir pertandingan setelah 12 menit berlalu.

Kategori :