Usai Dilantik, Pimpinan DPRD Surabaya Langsung Bentuk AKD

Kamis 17-10-2024,18:45 WIB
Reporter : Jelita Sondang Samosir
Editor : Noor Arief Prasetyo

HARIAN DISWAY- Rapat paripurna penetapan dan pengucapan janji sumpah pimpinan definitif DPRD Kota Surabaya periode 2024-2029 digelar hari ini, Kamis, 17 Oktober 2024. Acara digelar di gedung DPRD Kota Surabaya. 

Adi Sutarwidjono terpilih sebagai Ketua DPRD Kota Surabaya dari fraksi PDIP. Tiga wakilnya adalah Bahtiyar Rifai dari Gerindra, Lalila Mufidah dari PKB, dan Arif Fathoni dari Golkar.

Adi Sutarwidjono mengatakan jika pada periode keduanya ini diharapkan adanya dukungan dari berbagai pihak, agar kinerja saat ini lebih baik dari tahun kemarin. 

"Kita perlu bergerak cepat dalam pembentukan alat kelengkapan DPRD (AKD) serta membuat program untuk periode tahun ini," ucapnya.

BACA JUGA:PDIP-PAN Bentuk Fraksi di DPRD Surabaya, Ketuanya Budi Leksono 

BACA JUGA:Kursi DPRD Surabaya Diisi 22 Wajah Baru, Sebagian dari Kalangan Anak Muda

Lebih lanjut, Adi Sutarwidjono mengatakan, hari ini masing-masing komisi akan memilih pimpinan mereka. "Jadi setelah ini kita akan kerja maraton. Target AKD hari ini selesai. Kami sudah komunikasi dengan partai politik dan fraksi-fraksi, besok sudah mulai bekerja," pungkasnya. 

Setelah dikurangi dengan jumlah pimpinan dewan, wakil rakyat ini tinggal 46 orang. Mereka akan dibagi dalam empat komisi. Komisi A yang bergerak di Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Komisi B di Bidang Perekonomian dan Keuangan, Komisi C  Bidang Pembangunan, serta Komisi D Bidang Pendidikan dan Sosial. 

Komisi A diisi oleh 10 anggota. Yaitu  Syaifuddin Zuhri (Fraksi PDIP), Tri Didik Adiono (Fraksi PDIP), Yona Bagus Widyatmoko (ketua) (Fraksi Gerindra), Azhar Kahfi (Fraksi Gerindra), Tubagus Lukman Amin (Fraksi PKB),  Aldy Blaviandy (Fraksi Golkar), Cahyo Siswo Utomo (Fraksi PKS), Rio DH I Pattiselanno (Fraksi PSI), Muhammad Saifuddin (Fraksi Demokrat, PPP, Nasdem), dan Muhaimin (Fraksi Demokrat, PPP, Nasdem).

Sedang komisi B diisi 10 orang. Yaitu Baktiono (Fraksi PDIP),  Budi Leksono (Fraksi PDIP), Ghofar Ismail (Fraksi PDIP), Bagas Imam Waluyo (Fraksi PAN, Gerindra), Muhammad Faridz (Fraksi PKB). Agoeng Prasodjo (Fraksi Golkar),  Enny Minarsih (Fraksi PKS), Yuga Pratisabda Widyawasta (Fraksi PSI),  Mochamad Machmud (Fraksi Demokrat, PPP, Nasdem), dan Saiful Bahri (Fraksi Demokrat, PPP, Nasdem)

Sementara komisi C diisi 13 anggota. Yaitu Eri Irawan (Fraksi PDIP), Sukadar (Fraksi PDIP), Siti Mariyam (Fraksi PDIP), Juliana Eva Wati (Fraksi PDIP), Alif Imam Waluyo (Fraksi Gerindra), Rabbany Al Yunyfar (Fraksi Gerindra), Minun Latif (Fraksi PKB), Achmad Nurdjayanto , (Fraksi Golkar), Aning Rahmawati (Fraksi PKS), Faris Abidin (Fraksi PKS), Josiah Michael (Fraksi PSI), Herlina Harsono Njoto (Fraksi Demokrat, PPP, Nasdem), dan Buchori Imron (Fraksi Demokrat, PPP, Nasdem).


Sidang paripurna pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) DPRD Surabaya.--

Yang terakhir, Komisi D diisi 13 anggota: Yaitu Arjuna Rizki Dwi Krisnayana (Fraksi PDIP), Abdul Malik (Fraksi PDIP),  Abdul Ghoni Mukhlas Ni'am (Fraksi PDIP), Zuhrotul Mar'ah (Fraksi PDIP),  Lutfiyah (Fraksi Gerindra),  Ajeng Wira Wati (Fraksi Gerindra),  Ais Shafiyah Asfar (Fraksi PKB), Akmarawita Kadir (Fraksi Golkar), Johari Mustawan (Fraksi PKS), William Wirakusuma (Fraksi PSI), Michael Leksodimulyo (Fraksi PSI), Imam Syafai’i (Fraksi Demokrat, PPP, Nasdem), dan Agus Mashuri (Fraksi Demokrat, PPP, Nasdem). 

Komisi A diketuai oleh Yona Bagus Widyatmoko dari fraksi Gerindra. Ketua Komisi B diketuai Muhammad Faridz dari fraksi PKB, lalu Komisi C oleh Eri Irawan dari fraksi PDIP, dan terakhir dari Komisi D diketuai oleh Akmarawita Kadir dari fraksi Golkar. 

Atas selesainya pengesahan AKD, Adi Sutarwidjono selaku ketua DPRD Kota Surabaya terpilih, menyampaikan agar masing-masing komisi bisa melaksanakan tugas-tugasnya yang tertunda dengan segera, seperti pembahasan Perda yang harus sudah diselesaikan akhir tahun ini. 

Kategori :