Basuki Hadimuljono Lengser, Begini Pesannya untuk Menteri PU dan PKP

Selasa 22-10-2024,13:32 WIB
Reporter : Desi Nur Rachma*)
Editor : Mohamad Nur Khotib

HARIAN DISWAY - Presiden Prabowo Subianto memekarkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Yakni menjadi Kemterian Pekerjaan Umum (PU) dan Kementerian Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP).

Menteru PUPR periode 2014-2024 Basuki Hadimuljono pun secara resmi menyerahkan jabatannya kepada kedua menteri yang baru. Yaitu Menteri Pekerjaan Umum (PU) Dody Hanggodo dan Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP), Maruarar Sirait.

Serah terima jabatan ini berlangsung di Jakarta pada Senin, 21 Oktober 2024. Dalam sambutannya, Basuki menyampaikan keinginannya bahwa kedua menteri tersebut akan mampu melanjutkan program pembangunan infrastruktur yang telah menjadi prioritas.

BACA JUGA:Prabowo Tak Lagi Pakai Sekretariat Kabinet, Posisi Mayor Teddy Dinaungi Kemensetneg

Terutama dalam Kabinet Merah Putih. Berjajar dengan prioritas lainnya seperti ketahanan pangan, energi, penyediaan perumahan, pembangunan sekolah dasar serta pasar.

“Saya sangat yakin, Bapak Menteri dan Ibu Wakil menteri dapat melanjutkan upaya pembangunan yang sudah berjalan, meski tantangan ke depan masih banyak,” Ujar Basuki.


Menteri Pekerjaan Umum periode 2024-2029 Dody Hanggodo--

BACA JUGA:Basuki Hadimuljono Lepas Jabatan Menteri PUPR, Kini Miliki Jabatan Anyar di OIKN

Basuki juga berpesan agar Kementerian PU dan Kementerian PKP terus memperkuat sistem dan tata kelola yang telah dikembangkan di Kementerian PUPR selama ia memimpin. Supaya mewujudkan pemerintahan yang lebih profesional, transparan, dan akuntabel.

Ia menekankan bahwa semua sumber daya yang telah dibangun harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Khususnya untuk mendukung kedua kementerian ini bekerja sama secara efektif dan efisien.

Tujuannya adalah mencapai target yang lebih tinggi, sehingga manfaat pembangunan dapat dirasakan lebih luas oleh masyarakat indonesia.

Sejak tahun 2014, Kementerian PUPR mendapat amanah dari Presiden Joko Widodo untuk memperbaiki tata kelola organisasi, terutama dalam pengelolaan sumber daya manusia (SDM), monitoring proyek, serta pengadaan barang dan jasa.

BACA JUGA:Prabowo Pisah Kemenko Polhukam Jadi Kemenko Politik dan Kemenko Hukum


Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman 2024-2029 Maruarar Sirait--

Menteri PU Dody Hanggodo menyatakan komitmennya untuk terus melanjutkan program pembangunan infrastruktur yang telah memberikan dampak nyata bagi masyarakat.

Kategori :